Untuk menghadapi tantangan di era global, Undip harus bisa menembus peringkat 500 besar universitas dunia."
Semarang (ANTARA News) - Universitas Diponegoro Semarang menargetkan pada tahun ini bisa menambah sebanyak 25 guru besar baru dari berbagai fakultas yang dimilikinya.

"Untuk menghadapi tantangan di era global, Undip harus bisa menembus peringkat 500 besar universitas dunia," kata Wakil Rektor I Undip Prof M. Zainuri di Semarang, Selasa.

Menurut dia, berbagai standar tentunya harus dipenuhi untuk meraih peringkat 500 besar universitas dunia, salah satunya rasio dan jumlah guru besar atau profesor yang dimiliki.

Ia menyebutkan setidaknya ada 60-an doktor di Undip yang memiliki potensi segera menjadi guru besar seiring dengan program percepatan guru besar yang ditetapkan Undip.

"Kami punya target pada tahun ini setidaknya menghasilkan 25 profesor baru," kata Guru Besar dan mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip tersebut.

Seiring dengan itu, Undip mengundang Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi untuk menyampaikan kiat pengembangan karier dosen.

Prof Bunyamin Maftuh selaku Direktur Karier dan Kompetensi SDM Kemenristek Dikti mengharapkan pimpinan universitas bisa memberikan dorongan kepada dosen agar meniti karier sampai jenjang tertinggi.

"Sekaligus berkontribusi pada jurnal-jurnal ilmiah internasional sehingga ketertinggalan jumlah publikasi internasional dari perguruan tinggi Indonesia terhadap negara lain bisa dipangkas," katanya.

Dosen, kata dia, sebenarnya bukan hanya pengajar, melainkan juga sebagai ilmuwan yang salah satu tugasnya adalah meneliti dan mempublikasikan karya ilmiahnya di kancah internasional.

"Salah satu ciri utama seorang ilmuwan, yaitu menghasilkan karya tulis ilmiah. Bisa berupa hasil penelitian atau jurnal ilmiah nasional dan internasional. Bagi dosen, ini wajib," katanya.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menyebutkan sudah melakukan pemetaan kondisi SDM dosen di Undip yang setidaknya terdapat 255 dosen setingkat lektor kepala dan doktor yang "grade"-nya berada di bawah guru besar.

"Yang memenuhi syarat menjadi guru besar, seperti menghasilkan publikasi internasional ada sekitar 50-60 orang," kata Guru Besar Fakultas Hukum Undip itu.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018