Jakarta (ANTARA News) - Kontingen tae kwon-do Indonesia, mendulang empat medali emas turnamen uji coba Asian Games 2018, kategori poomsae atau artistik yang dihelat di JIE Expo Kemayoran Hall B, Jakarta, Sabtu.

Empat medali emas ini sendiri, disumbangkan dari empat nomor poomsae yakni perorangan putra melalui Muhammad Kusuma, yang memperoleh poin lebih baik dari pemain Hong Kong, Cheuk Yin Choy (117,2-114,7).

Emas kedua, disumbangkan Defia Rosmaniar yang mampu mendapat poin lebih dari wakil Malaysia, Khim Wen Yap (119,8-113,7). Lalu emas selanjutnya, disumbangkan tim putra dan tim putri dalam nomor beregu.

Tim putra Indonesia, berhasil mendapat emas, usai mengalahkan perolehan poin tim Hong Kong (104,6-97,8). Sementara tim putri Indonesia, berhasil mendulang emas usai mengungguli poin tim India 104,0-91,6.

Pengumuman pemenang pertandingan tim putra sempat terganggu akibat pengumuman pemenang oleh juri pertandingan dan yang muncul di layar besar berbeda. 

Keputusan juri berdasarkan hitungan kumulatif, Indonesia keluar sebagai pemenang dari sudut biru, sedangkan yang muncul di layar pemenang adalah Hong Kong di sudut biru.

Menyadari ada kesalahan, panitia segera melakukan perbaikan dan beberapa saat kemudian layar besar akhirnya mengumumkan sesuai dengan keputusan juri pertandingan.

Dengan empat medali dari kategori poomsae ini, untuk sementara Indonesia menjadi kampiun dalam klasemen perolehan medali cabang tae kwon-do.

Di tempat kedua ada, Hong Kong dengan dua perak dan satu perunggu, yang disusul India di posisi tiga dengan satu perak dan dua perunggu.

Di posisi keempat, ada Malaysia yang mengumpulkan satu perak dan di posisi terakhir di klasemen sementara, ada Laos dengan dua perunggu.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018