Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, pada Selasa sepakat melanjutkan kerja sama dalam penyediaan air minum untuk wilayah Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayahnya segera menindaklanjuti kesepakatan kerja sama itu dengan SKPD di Kabupaten Tangerang.

Anies mengatakan sejak 1993 Jakarta mendapatkan 16 persen pasokan air bersihnya dari Tangerang dan atas nama warga Jakarta dia mengucapkan terima kasih untuk itu.

"Saya berharap kesepakatan kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah Kabupaten Tangerang tentang penyediaan air minum untuk wilayah DKI Jakarta ini menjadi framework baru karena ini sebenarnya perpanjangan untuk 20 tahun yang akan datang," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

"Bagi kota ini kebutuhan itu akan terus berkelanjutan karenanya saya berharap kepada semua yang terlibat di dalam implementasi kerja sama ini, jangan hanya memikirkan tentang hari ini, tahun depan, tapi pikirkanlah pengelolaan air ini untuk generasi ke depan," katanya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta PDAM Tirta Kerta Raharja dan PAM Jaya bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah DKI Jakarta, yang populasinya terus bertambah.

"Kami menyarankan kepada PDAM Tirta Kerta Raharja untuk sebagai pelaksana dalam rangka melakukan kerja sama dengan PAM Jaya untuk menjawab kebutuhan air bersih kepada Pemprov DKI terutama DKI bagian selatan," kata Zaki.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018