Kupang  (ANTARA News) - Mobil Dump Truk RIZQUNA dengan nomor politi (DH 9238 G), terbalik di dalam KMP Feri Lakaan, akibat terjangan gelombang laut, Kapal  saat itu sedang berlayar dari Pelabuhan Bolok Kupang menuju Pelabuhan Pantai Baru Rote Ndao pada Jumat.

Manager Operasional PT ASDP Indonesia Cabang Kupang, Didi Yuliansyah yang dikonfirmasi Antara di Kupang, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.50 WITA.

Menurut dia, dalam pelayaran menuju Pelabuhan Pantai Baru Rote Ndao, saat berada di perairan Pulau Kambing, kapal di terjang gelombang besar.

Akibatnya, mobil truk miring sehingga tali pengikat pada besi talang bak truk putus dan besi talang truk juga Patah sehingga mobil tersebut terjatuh ke arah kapal dan minimpah dua unit sepeda motor yang terparkir di samping mobil.

Truk tersebut mengangkut muatan sembilan bahan pokok dengan tujuan Papela, Rote Timur.

Sementara dua motor yang tertindis truk dalam KMP Lakaan itu adalah satu Yamaha Vixion dengan nomor polisi (DH 5515 AT) milik Wilfrudus Djawa, dan Honda Scoopy dengan nomor poliri DH.3761BT milik pemilik Imanuel Tuniyama.

Dia menambahkan, proses evakuasi untuk menegakan kembali truk berhasil dilakukan pada pukul 12.45 Wita dengan menggunakan Katrol milik KMP Lakaan.

Proses evakuasi ini dilakukan dengan bantuan tenaga dari pihak kepolisian serta masyarakat dengan menarik kendaraan menggunakan tali.

Mengenai kerugian, dia mengatakan belum bisa dirincikan, namun semua kendaraan yang diangkut dengan kapal sudah masuk dalam asuransi.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018