Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut  nomor urut 4 yang diperoleh partainya sesuai dengan empat pilar kebangsaan yang digagas Taufiq Kiemas.

"Golkar mendukung empat pilar yang diinisiasi Pak Taufik Kiemas, untuk memperjuangkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Airlangga Hartarto dalam sambutan singkat seusai pengundian nomor urut partai peserta pemilu 2019 di Gedung KPU RI, Jakarta, Minggu malam.

Airlangga memaknai nomor urut empat sesuai dengan jumlah program pemenangan Golkar, Catur Sukses Golkar, meliputi sukses Pilkada, sukses Pemilu Legislatif, sukses dan amannya Pilpres, serta sukses menuju Indonesia sejahtera.

Dengan nomor urut empat ini, kata dia, Golkar akan terus memegang komitmennya dalam mewujudkan program kesejahteraan rakyat ala Golkar, yakni sembako murah, rumah yang terjangkau dan tersediannya lapangan kerja.

"Golkar minta dukungan kepada seluruh rakyat untuk dapat berjuang bersama Golkar mewujudkan Indonesia sejahtera," ujar Airlangga.

Baca juga: Warna-warni selebrasi bos-bos parpol rayakan nomor urut Pemilu 2019

14 partai politik nasional telah mengambil nomor urut partai peserta pemilu melalui mekanisme pengundian, dan berikut ke-14 partai politik nasional sesuai nomor urut yang diperoleh:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
2. Partai Gerindra
3. PDI Perjuangan
4. Partai Golkar
5. Partai Nasdem
6. Partai Garuda
7. Partai Berkarya
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
11 Partai Solidaritas Indonesia
12. Partai Amanat Nasional (PAN)
13. Partai Hanura
14. Partai Demokrat

Selain itu juga empat partai politik lokal Aceh yakni Partai Aceh dengan nomor urut 15, Partai SIRA nomor 16, Partai Daerah Aceh nomor 17, Partai Nangro Aceh nomor urut 18.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018