Gaza City (ANTARA News) - Seorang petani Palestina, Sabtu (3/3), tewas ditembak oleh militer Israel di kota dekat Jalur Gaza, Khan Yunis, ungkap Kementerian Kesehatan gerakan Hamas.

Juru bicara militer Israel mengatakan bahwa beberapa tentara melepaskan tembakan ke arah pria Palestina yang memasuki zona terlarang di dekat perbatasan Gaza dan Israel, tetapi tidak memberikan detail lebih lanjut.

Kementerian Kesehatan mengidentifikasi petani itu bernama Mohammed Abu Jumaa (59).

Area di sekitar pagar perbatasan antara Gaza dan Israel menjadi tempat terjadinya demonstrasi warga Palestina untuk memprotes blokade Israel di daerah kantong tersebut.

Telah ada lonjakan ketegangan menyusul pengumuman kontroversial Presiden AS pada Desember yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Langkah itu menuai kecaman warga Palestina yang menganggap bagian timur kota itu sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Israel dan militan Palestina di Gaza, yang dijalankan oleh gerakan Islamis Hamas, terlibat tiga kali perang sejak 2008 dan wilayah itu sudah diblokade Israel selama lebih dari 10 tahun, demikian dikutip dari laporan AFP. (kn)
 

Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018