Jakarta (ANTARA News) - Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang menemukan mikroba pengurai limbah dan sistem pengolahan limbah terintegrasi.

Penemuan ini diharapkan dapat menjawab seputar masalah limbah yang kerap dikeluhkan warga sekitar kawasan industri.

“Masalah pencemaran lingkungan dan kesehatan masyarakat di lingkungan industri terus menjadi perhatian Kemenperin dalam membangun industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Ngakan Timur Antara melalui keterangannya di Jakarta, Minggu.

Menurut Ngakan, sistem pengolahan limbah terintegrasi ini pada prinsipnya adalah implementasi teknologi pengolahan anaerob-wetland.

Teknologi anaerob merupakan sistem pengolahan limbah secara biologi dengan cara menguraikan senyawa-senyawa polutan dengan memanfaatkan aktivitas mikroba.

Baca juga: Kemenperin gandeng industri terapkan hasil litbang untuk inovasi produk manufaktur

“Pengolahan ini dilakukan secara anaerob atau tanpa udara. Sebagai proses lanjutan dalam pengolahannya, teknologi anaerob ini dikombinasikan dengan wetland yaitu proses pengolahan dengan menggunakan tanaman sebagai medianya,” jelasnya.

Jadi, selain menggunakan mikroba, BBTPPI juga mengembangkan pengolahan air limbah menggunakan tanaman berakar (wetland). Setelah limbah diurai mikroba, limbah akan dilewatkan dalam tanaman berakar, yang akan menyerap unsur-unsur polutan.

Ngakan menyampakan, penemuan sistem terintegrasi pengolahan limbah ini akan diduplikasi kepada perusahaan-perusahaan sejenis.

“Karena sebelumnya, dalam upaya mengurai limbah padat, sejumlah perusahaan menggunakan zat kimia, di mana hasil pengolahannya masih mengandung bahan beracun dan berbahaya (B3),” ungkapnya.

Untuk itu, melalui mikroba anaerob, limbah yang dihasilkan akan memenuhi baku mutu atau standar hasil limbah kualitas terbaik dan bebas dari limbah B3.

Penelitian sistem pengolahan limbah terintegrasi ini sudah diterapkan di PT Korin Jaya yang bergerak di bidang produksi karton. Direktur Operasional PT Korin Jaya, Mr Park Jung Yong menyatakan, limbah yang tadinya berwarna hitam pekat dan padat, kini telah berubah seperti air sungai.

“PT Korin peduli dengan lingkungan. Karena itu, penelitian dari BBTPPI kami terapkan supaya masyarakat terbebas dari kanker," tuturnya.

Menurutnya, dengan menerapkan hasil penelitian BBTPPI, biaya yang dikeluarkan perusahaan menjadi lebih kecil dibandingkan dampak pencemaran yang terjadi di lingkungan dan masyarakat.

“Kami akan mengajak perusahaan lain dapat melihat kinerja hasil penelitian dari Kemenperin ini,” ujarnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018