Jakarta (ANTARA News) - Proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dinilai telah memenuhi penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) dengan baik.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK & K3) Kementerian Ketenagakerjaan Sugeng Priyanto selepas melakukan peninjauan di lokasi proyek MRT Lebak Bulus, Jakarta, Senin.

"Terbukti sampai dengan hari ini menurut catatan belum pernah terjadi kecelakaan," ujarnya.

Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan penerapan norma-norma K3 di lokasi proyek terlaksana dengan baik.

"Kita ingin pastikan norma-norma ketenagakerjaan ini diaplikasikan selama proyek ini. Yang menjadi prioritas kami saat ini adalah aspek keselamatan kesehatan kerja terutama di sektor konstruksi yang rentan terjadinya kecelakaan kerja," katanya.
Sugeng kemudian meminta seluruh perusahaan, baik milik pemerintah maupun swasta untuk benar-benar memastikan norma ketenagakerjaan dan K3.

Baca juga: Menhub: Penghentian pekerjaan infrastruktur bergantung setiap proyek

Baca juga: Waskita hindari pemasangan ginder jalan layang pada malam hari

Baca juga: Bambang Soesatyo punya daftar kecelakaan infrastruktur




Perusahaan dan serikat pekerja juga diminta untuk terus membina para pekerja agar memiliki kesadaran mengenai K3.

"Semua program pembangunan harus didukung dengan penerapan K3 supaya pelaksanaannya jangan sampai menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja," kata Sugeng.

Salah satu penyebab kecelakaan kerja, menurut Sugeng adalah belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja.

Karena itu, perlu dilakukan upaya nyata untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat kerja secara maksimal

Sementara itu, Direktur Utama MRT Jakarta William P Sabandar mengatakan tinjauan oleh pengawas ketenagakerjaan memberikan semangat untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja di MRT Jakarta.

"Kami mohon dukungannya terkait dengan target operasi seterusnya. Tinjauan dan saran dari pengawas ketenagakerjaan ini akan membantu kita untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja yang terjamin," ujarnya.

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018