Denpasar (ANTARA News) - Operator telekomunikasi Telkomsel siap menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan dengan menggelar infrastruktur jaringan untuk menjamin kapasitas dan jangkauan layanan kepada seluruh atlit, official hingga panitia.

"Telkomsel sabagai `Official Mobile Partner` Asian Games 2018, siap mengerahkan seluruh kemampuan dan teknologi terkini dalam menyelenggarakan layanan komunikasi seperti voice, data dan internet kepada semua pihak yang terlibat ajang bergengsi tersebut," kata VP ICT Network Management Area Jabotabek-Jabar Telkomsel, Juanita Erawati saat media gathering di Denpasar, Rabu.

Menurut Juanita, Telkomsel sendiri sudah terbiasa menangani kegiatan-kegiatan berskala internasional seperti KTT ASEAN, KTT Non Blok, konferensi yang bersifat global, hingga perhelatan di dalam negeri yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

Ia menuturkan, peningkatan kapasitas jaringan sedang dipersiapkan dengan menggelar infrastruktur di lokasi kegiatan pertandingan, mess atlet, hotel-hotel tempat atlit dan official menginap hingga jaluri-jalur yang dilalui para atlet.

"Mulai kedatangan dari bandara, hingga menuju lokasi penginapan dan venue-venue cabang olah raga baik di Jakarta dan sekitarnya serta di Palembang kami tingkatkan kualitas layanan internet dan data," ujar Juanita.

Telkomsel juga selalu memberikan pendampingan bagi seluruh atlet, termasuk media internasional dalam berkomunikasi serta untuk keperluan penyiaran berita-berita ke luar negeri.

"Kami pastikan bahwa infrastruktur jaringan dan kapasitas yang disiapkan `running well` atau bekerja dengan baik melayani trafik dalam kapasitas yang besar," tegasnya.

Sementara itu, GM Network Engineering and Project Jabotabek-Jabar Telkomsel Nugroho Adi Wibowo mengatakan, Telkomsel memanfaatkan sejumlah teknologi baru untuk meningkatkan kapasitas dan jangkauan layanannya.

"Kami menggunakan teknlologi TDD Massive MIMO, Lampsite 2.0, Easy Macro 2.0, dan Book RRU di lokasi-lokasi pertandingan Asian Games 2018," katanya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018