Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menghadiri upacara peringatan HUT Ke-72 TNI Angkatan Udara (AU) di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin.

Selain Panglima TNI yang duduk di kursi undangan, terlihat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi.

Upacara peringatan HUT Ke-72 TNI AU dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, diawali pemeriksaan pasukan.

Sejumlah alutsista milik TNI AU terlihat parkir di sekitar lokasi upacara, seperti pesawat tempur Sukhoi, T-50, F-16, pesawat angkut Hercules, dan CN-295.

Rangkaian perayaan HUT TNI AU sudah berlangsung sejak Sabtu (7/4) dengan acara pesta rakyat.

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna sebelumnya mengatakan, konsep HUT kali ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang diwarnai demo udara pesawat tempur di langit Jakarta.

"Tahun ini, kami kurangi demo udara yang besar-besaran. Tahun ini, kami lebih mendekatkan diri ke masyarakat," katanya.

Menurut dia, kegiatan perayaan HUT TNI AU ini sudah berjalan dari beberapa bulan lalu. Mulai dari foto, donor, hingga kuliner.

Yuyu menjelaskan, dalam kegiatan ini TNI ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, karena hakikatnya TNI untuk rakyat.

Pesta rakyat HUT TNI AU, kata Yuyu, juga diisi dengan sejumlah pameran alutsita hingga atraksi akrobatik pesawat TNI AU.

Puncak perayaan HUT ke-72 TNI AU yang diikuti 2.500 prajurit TNI AU bertema "Dilandasi Jiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, dan Modern TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI" itu diisi dengan atraksi bela diri oleh prajurit TNI AU dan drum band oleh Taruna TNI-AU.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018