KAI-Antara kerja sama pemanfaatan aset

id sinergi bumn,pt kai,lkbn antara

Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat (kiri) menerima cenderamata dari Direktur SDM dan Umum PT KAI Ruli Adi (kanan) usai menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (13/4/2018). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara bekerja sama pemanfaatan aset dalam rangka Sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat, yang dilakukan oleh Direktur SDM dan Umum PT KAI, Ruli Adi dan Direktur Utama LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat.

"Kerja sama ini ada dua aspek, yang pertama sebagai bagian dari sinergi BUMN yang diarahkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Kedua, bagian dari tugas Antara yaitu menginformasikan ke publik mengenai perkembangan pembangunan di Indonesia," kata Meidyatama atau akrab disapa Dimas.

Dimas menjelaskan melalui pemanfaatan aset dan kompetensi bersama, PT KAI dan LKBN Antara dapat menyebarkan serta menginformasikan pada masyarakat mengenai perkembangan pembangunan di Indonesia.

Ia menjelaskan bentuk kerja sama ini secara konkret adalah KAI membantu menyebarluaskan berita-berita yang diproduksi Antara serta menyiarkannya lewat sarana dan aset yang dimiliki KAI.

Melalui sarana yang dimiliki PT KAI, masyarakat pengguna kereta api bisa mengetahui segala informasi terkait perkembangan pembangunan di Nusantara.

"Berita-berita yang ditulis Antara bisa dibantu untuk disiarkan lewat aset-aset yang dimiliki KAI. Contohnya, kami bisa menempatkan layar berisi informasi ke publik mengenai kejadian-kejadian hari ini," tutur Dimas.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI, Apriyono Chresnanto, mengatakan KAI terus melakukan peningkatan baik di lingkup sarana, prasarana, aset dan sumber daya manusia. Hal itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan dan pengguna jasa KAI.

Kerja sama dengan LKBN Antara ini dinilai mampu memenuhi salah satu unsur peningkatan pelayanan tersebut, yakni dari sisi prasarana dan aset.

"Dengan meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan kereta api setiap tahun, kami dituntut untuk selalu menjaga unsur keselamatan, kenyamanan, keamanan dan pelayanan kepada penumpang," ujarnya.

Baca juga: Rini tetapkan tiga direksi Perum LKBN Antara

Baca juga: Dubes Jepang kagumi arsip foto LKBN Antara

Baca juga: LKBN Antara-Kedubes Jepang jajaki pameran 60 tahun RI-Jepang


Dalam kegiatan ini, PT KAI juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan TNI Angkatan Laut tentang Penugasan Personel, Pendidikan, Pelatihan dan Pertukaran Informasi.

Penandatanganan dilakukan oleh Laksamana Muda TNI Karma Suta dan Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI, Apriyono Chresnanto.

Selain itu, KAI juga menjalin kerja sama dengan TNI Angkatan Udara tentang Pendayagunaan Sumber Daya dalam rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi TNI AU dan PT KAI.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan oleh Marsekal Muda TNI Anastasius Sumadi dan Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI, Apriyono Chresnanto.
 

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar