Surabaya (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia Jawa Timur menyatakan dukungan kepada pasangan calon gubernur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak pada Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2018.

Ketua DPW PSI Jatim Shobikin kepada wartawan mengatakan dukungan terhadap pasangan Khofifah-Emil telah disepakati melalui pertemuan bersama segenap pengurus dan kader dari tingkat Dewan Pimpinan Daerah II PSI se-Jatim yang berlangsung di Surabaya, Selasa malam.

"Ini adalah keputusan resmi dari PSI terkait dukungan terhadap calon gubernur di Pilkada Jatim 2018," katanya.

Dia beralasan satu kelebihan dari pasangan Khofifah-Emil merupakan representasi dari generasi milenial.

PSI sendiri mengklaim sebagai partainya anak muda. Bahkan Shobikin akan mengajak seluruh kader PSI menyebut sosok pasangan Khofifah-Emil dengan sapaan "Sis Khofifah" dan "Bro Emil".

"Selanjutnya kami akan mengerahkan seluruh kekuatan mesin partai hingga tingkat ranting di seluruh wilayah Jatim untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil," ucapnya.

Sebagai partainya anak muda, dia menandaskan akan memaksimalkan kampanye secara masif dan terukur terutama lewat media sosial.

"Kami akan sosialisasikan kepada anak muda maupun pelajar bahwa kami mendukung pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2018," katanya.

Emil Elestianto Dardak tampak hadir dalam pertemuan kader PSI Jatim tersebut. Peraih doktor termuda di bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Ritsumeikan Jepang itu merasa bersyukur atas dukungan PSI yang menyatakan kesediannya untuk berjuang bersama-sama di Jatim.

"Saya kenal baik dengan pimpinan PSI Pusat Sis Grace Natalie dan Sis Tsamara. Kami banyak bertukar pikiran dan memiliki pandangan yang sama mengenai politik Indonesia ke depan," ujarnya.

Pemuda, lanjut Emil, harus berdiri sebagai sebuah entitas politik, yang berani bersuara oke manakala pemerintah benar dan tidak oke manakala salah.

"Dukungan dari segenap kader PSI di Jatim memberikan satu semangat bahwa keputusan saya maju sebagai calon wakil gubernur di Pilkada Jatim 2018 adalah bagian dari majunya generasi muda untuk berperan dalam pembangunan," katanya.

Emil berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jatim 2018, yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni mendatang, diusung koalisi partai politik di parlemen, yaitu Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan Nasdem. Lawannya adalah pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS, dan Gerindra.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo dan Hanif Nashrullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018