Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengajak semua pihak untuk bergotong royong dalam melestarikan keluhuran budaya Indonesia sebagai identitas bangsa.

"Pelestarian budaya sangat penting karena menjadi salah satu identitas bangsa. Bagaimana keluhuran budaya yang ada bisa dijaga demi identitas bangsa," kata Menko PMK dalam acara peluncuran Koleksi Perhiasan Nusantara oleh Samuel Wattimena dan The Palace di Jakarta, Kamis.

Puan menegaskan upaya menjaga dan melestarikan budaya bangsa perlu terus dilakukan oleh semua pihak.

Menurut Puan, ada banyak cara dalam menunjukan kekayaan budaya nusantara, salah satunya dengan mengangkat eksistensi perhiasan nusantara yang memiliki ciri khas Indonesia sebagai bagian dari budaya Indonesia.

Saat ini sudah cukup banyak yang sudah membuat perhiasan dengan ciri budaya lokal baik yang menggunakan emas, perak maupun bahan lainnya.

"Saya berharap ada kekhasan yang tidak pernah dilupakan dalam desainnya, sehingga karya yang mencerminkan keluhuran budaya bangsa ini dapat menjadi koleksi yang berharga," harapnya.

Menko PMK menyampaikan apresiasi kepada The Palace dan Samuel Wattimena atas inisiasi membangkitkan kembali keberadaan perhiasan Indonesia, khususnya dalam hal menambah khasanah dan pengembangan kekayaan kebudayaan Nusantara.

"Saya mengapresiasi apa yg sudah dilakukan The Palace dan Samuel Wattimena sebagai wujud bergotong royong menjaga keluhuran budaya sebagai identitas bangsa," jelas Puan.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018