Indramayu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, membuka pendaftaran kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja berbasis kompetensi (PBK) untuk masyarakat secara gratis.

"Kegiatan ini merupakan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Indramayu, kami harap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan baik ini, karena ini gratis," kata Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Achmad Fauzie di Indramayu, Jumat.

Menurutnya, untuk masyarakat Indramayu bisa mendapatkan pendidikan dan pelatihan keterampilan berbagai bidang kejuruan seperti las listrik, otomotif sepeda motor, garment/menjahit, teknisi pendingin AC split.

Selain itu juga ada pelatihan dibidang komputer seperti junior graphic design, junior teknisi suport dan operator basic office.

Program tersebut kata Fauzie, diperuntukan bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Indramayu yang dibuktikan dengan foto copy KTP atau Kartu Keluarga yang masih berlaku sebanyak dua lembar, laki-laki perempuan dengan usia minimal 18 tahun.

"Selain itu juga peserta harus berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter (Puskesmas), melampirkan foto copy ijazah sebanyak dua lembar, pas foto berwarna dengan latar belakang merah ukuran 3x4 sebanyak empat lembar," ujarnya.

Bagi masyarakat yang berminat lanjutnya, pendaftaran bisa dilakukan di Kantor UPT BLK Disnaker Indramayu Jalan Gatot Subroto No 1 Indramayu pada hari kerja Senin-Jumat jam 08.00-14.00 WIB.

Seluruh persyaratan tersebut dimasukan kedalam map dengan mencantumkan identitas dan nomor HP.

UPT BLK Disnaker Indramayu kata Fauzie, terus melakukan upaya maksimal untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indramayu dalam bidang keahlian kejuruan tenaga kerja yang dibutuhkan.

Peningkatan kualitas tersebut dibutikan dengan terus bertambahnya jumlah kejuruan atau keahlian, peralatan, dan juga tersertifikasinya BLK Disnaker Indramayu.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018