Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek tiba di Bandara Muhammad bin Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi pada Jumat malam (20/4) untuk meninjau persiapan penyelenggaraan ibadah haji.

"Kedatangan Menko PMK Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek beserta rombongan disambut langsung oleh Duta Besar RI untuk Saudi Arabia, Agus Maftuh Abegebriel dan Konsulat Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin," kata Pejabat Fungsional Penerangan, Sosial dan Budaya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Umar Badarsyah dalam pernyataan tertulis yang diterima pada Sabtu di Jakarta.

Menko PMK bersama Menkes akan memulai kunjungan ke beberapa fasilitas akomodasi dan kesehatan di daerah kerja Madinah pada hari ini.

Keduanya juga akan berkoordinasi dengan Dubes RI untuk Arab Saudi, Konjen RI Jeddah, Teknis Urusan Haji dan Tim Penyedia Layanan jamaah Haji di kantor KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) Madinah.

Sedangkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang tiba pada Sabtu malam akan bergabung bersama rombongan pada Minggu (22/4) untuk bersama-sama menuju Mekkah dan melakukan peninjauan persiapan di sana.

Selama di Mekkah Menko PMK akan memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan ibadah Haji di Wisma Haji Mekkah dilanjutkan dengan mengunjungi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah dan meninjau beberapa hotel yang akan menjadi tempat penginapan jamaah haji 2018.

"Dalam pelaksanaan haji tahun ini Indonesia tetap menjadi penyumbang jamaah terbesar dengan angka yang sama seperti tahun lalu sebanyak 221.000 orang," tambah Umar.

Pemerintah mengharapkan pelaksanaan ibadah Haji tahun ini akan semakin baik dibanding tahun sebelumnya.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018