Jakarta (ANTARA News) - Kemarin majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta membacakan vonis terhadap Setya Novanto dalam perkara korupsi dalam pengadaan KTP elektronik. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi putusan hakim tersebut, sementara Setya Novanto syok menghadapinya.

Selain itu ada warta mengenai Presiden, yang meresmikan keramba jaring apung lepas pantai di Pangandaran, serta diskon dalam pameran otomotif IIMS 2018 dalam rangkuman berita berikut:

Setya Novanto divonis 15 tahun penjara plus denda Rp500 juta

Hakim menyatakan mantan ketua DPR Setya Novanto terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara pengadaan KTP elektronik dan menjatuhkan pidana penjara selama 15 tahun dan denda Rp500 juta.

Selain itu hakim menjatuhkan pidana tambahan membayar uang pengganti 7,3 juta dolar AS dikurangi dengan uang yang dikembalikan sebesar Rp5 miliar selambat-lambatnya satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap. Jika dalam waktu tersebut tidak dibayar maka harta benda terdakwa disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti dan dalam hal terdakwa tidak punya harta yang cukup untuk membayar uang pengganti maka terdakwa dipidana penjara selama dua tahun.

Vonis itu lebih rendah dibanding tuntutan jaksa, yang menuntut agar Setya Novanto dihukum 16 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan serta membayar uang pengganti sejumlah 7,435 juta dolar AS dan dikurangi Rp5 miliar subsider 3 tahun penjara.

Setnov syok divonis 15 tahun penjara

Mantan ketua DPR Setya Novanto mengaku kaget hakim menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepadanya dalam perkara kasus korupsi KTP-Elektronik.

"Saya sangat syok. Apa yang didakwakan dan apa yang disampaikan tentu perlu dipertimbangkan karena tidak sesuai dengan persidangan yang ada," kata Setnov. "Namun saya tetap menghormati, menghargai, dan saya minta waktu untuk mempelajari dan berkonsultasi dengan keluarga dan pengacara."

KPK apresiasi putusan vonis Setya Novanto

KPK mengapresiasi putusan vonis Setya Novanto dalam perkara korupsi dalam pengadaan KTP-elektronik (KTP-e) Tahun Anggaran 2011-2012.

"KPK tentu saja mengapresiasi hal tersebut dan kami sampaikan terima kasih karena Hakim secara rinci membuat pertimbangan-pertimbangan sampai pada kesimpulan yang kurang lebih sama dengan dakwaan dan tuntukan KPK," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Presiden tebar benih kakap ke keramba jaring apung

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menebar benih ikan kakap putih ke keramba jaring apung yang berada sekitar delapan mil dari bibir pantai Pangandaran, Jawa Barat, Selasa.

Keramba jaring apung itu merupakan bagian dari program Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mengadopsi teknologi lepas pantai dari Norwegia untuk meningkatkan produksi ikan kakap putih.

Toyota Sienta didiskon Rp30 juta lebih di IIMS

Merek-merek otomotif menawarkan ragam promo dan potongan harga untuk pembelian kendaraan selama pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 19-29 April 2018.

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018