Ketersediaan BBM menghadapi bulan puasa hingga Idul Fitri dipastikan mencukupi. Stok kita sangat cukup
Manado (ANTARA News) - Branch Manager (BM) Marketing Pertamina Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) Daniel mengatakan stok bahan bakar minyak (BBM) menjelang Lebaran 2018 ini aman untuk memenuhi permintaan konsumen.

"Ketersediaan BBM menghadapi bulan puasa hingga Idul Fitri dipastikan mencukupi. Stok kita sangat cukup," kata Daniel, di Manado, Jumat.

Bahkan, kata dia, untuk mengantisipasi tingginya permintaan menjelang hari raya keagamaan ini, maka Pertamina akan membuat tim khusus untuk melakukan monitoring.

"Kami akan bentuk satuan tugas khusus untuk monitor day by day keandalan stok selama Ramadan dan Idul Fitri tersebut," ujarnya lagi.

Menurut dia, berdasarkan perkiraan untuk bulan puasa hingga Lebaran nanti, permintaan BBM di Sulawesi Utara (Sulut) akan naik dari 1 persen hingga 6 persen.

"Dari prediksi kami untuk solar akan naik 1 persen, premium 3,5 persen, pertalite 5,5 persen, pertamax 4,5 persen, pertamax turbo 6,2 persen, dexlite 5,6 persen serta kerosene 4,3 persen," katanya pula.

Karena itu, kata dia lagi, masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan stok BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Sulut, dan tidak perlu menampung BBM di luar kebutuhan.

"Sekali lagi masyarakat tidak perlu khawatir, karena persediaan BBM sangat mencukupi," katanya lagi.

Pertamina juga telah mengantisipasi terjadi cuaca ekstrem yang berpotensi mengakibatkan gangguan distribusi BBM, dan akan bekerjasama dengan pemerintah dan aparat keamanan untuk menjaga kelancaran distribusi, utamanya jika terjadi hambatan cuaca.

Baca juga: Pertamina jamin stok BBM di Malut aman

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018