Payakumbuh, Sumatera Barat (ANTARA News) - Pemerintah Kota Payakumbuh melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas produk Kampung Rendang sebagai kawasan sentra industri kecil menengah (IKM) rendang.

"Saat ini sedang dilakukan pengerjaan fisik," kata Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Faizal di Payakumbuh, Minggu, mengenai pembangunan sarana prasarana pendukung seperti dapur utama dan gudang yang dimulai sejak 2017.

Pemerintah Kota juga mengupayakan penyediaan peralatan berstandar industri bagi para pelaku IKM di Kampung Rendang, serta menjalin komunikasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan keamanan produk rendang.

"Intinya kami terus memperbaiki baik dari sisi sarana ataupun prasarana meskipun masih dilakukan secara bertahap," katanya.

Kampung Rendang Payakumbuh adalah sentra penjualan rendang produksi IKM yang berada di Limposi, Jalan Tan Malaka. Saat ini setidaknya ada 30 varian rendang yang dihasilkan pelaku IKM di sana namun baru delapan yang populer yakni rendang daging sapi, telur, paru, tumbuak daging, suir ayam dan daging sapi , jamur, belut, dan, jengkol.

Baca juga: Kemenperin bantu Payakumbuh kembangkan bisnis rendang

Pewarta: Irfan Taufik
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018