Pemkab Sukabumi fokuskan perbaikan jalan alternatif mudik

id perbaikan jalan sukabumi, jalan mudik lebaran, bupati sukabumi, marwan hamami

Arsip: Perbaikan Peron Statsiun Sejumlah pekerja membongkar beton untuk peron guna memudahkan KRD Sukabumi masuk ke Stasiun Batu Tulis, Bogor, Jabar, Minggu (27/10). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sukabumi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat fokus terhadap perbaikan jalur alternatif di wilayah utara yang merupakan jalur alternatif mudik lebaran dari arah DKI Jakarta dan Bogor.

"Saat ini perbaikan jalur alternatif tersebut tengah dilaksanakan dan diharapkan sebelum Idul Fitri 1439 Hijriah atau saat musim mudik berlangsung jalan tersebut sudah baik dan mulus," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Minggu.

Adapun jalur alternatif tersebut yakni Jalan Raya Tenjoayu Purbasari, Jalan Raya Karangtengah dan Jalan Raya Jelegong. Pihaknya pun mendorong agar ketiga jalur tersebut cepat karena ruas jalan ini tersebut kerap dilalui pemudik sebagai jalur alternatif jika jalan utama macet Sukabumi-Bogor terjadi kemacetan.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Lukman Sudrajat mengatakan tiga ruas jalan alternatif yang segera diperbaiki dengan cara tambal sulam merupakan akses vital warga menuju tempat publik.

Lanjut dia, walaupun jalur Sukabumi-Bogor bukan merupakan jalur utama mudik, tetapi jika terjadi penumpukan kendaraan di arah Jalan Raya Puncak, Bogor maka sebagian kendaraan dialihkan ke Sukabumi.

Sehingga pada musim mudik pun jalur mudik Sukabumi kerap menjadi langganan kemacetan ditambah dengan banyaknya warga yang lalu lalang keluar masuk pasar, belum lagi bubaran dan masuk pabrik.

"Maka dari itu, tiga ruas jalur alternatif tersebut menjadi prioritas kami dalam melakukan perbaikan, karena biasanya jika terjadi penumpukan di jalur utama petugas mengalihkan sebagian kendaraan ke jalur alternatif tersebut," katanya.

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar