Surabaya (ANTARA News) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) Surabaya memberikan sahur gratis kepada penumpang kereta api mulai Selasa (5/6) hingga Kamis (14/6) atau sehari sebelum Lebaran 2018, sebagai wujud semangat berbagi perusahaan BUMN tersebut kepada sesama dalam program Ramadhan berbagi.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Selasa mengatakan program ini juga sebagai penghargaan dari PT KAI kepada masyarakat yang telah memilih KA sebagai moda transportasi mudik.

Selain sahur gratis, program dengan tema Perjalanan Menuju Berkah itu juga memberikan pembagian takjil, dan buka puasa gratis di beberapa stasiun kereta selama masa angkutan Lebaran.

Total menu berbuka puasa yang disiapkan sebanyak 60.700 paket, dan diberikan di beberapa stasiun keberangkatan, khususnya di ruang tunggu boarding atau masuk di area zona 1 di stasiun keberangkatan.

"Takjil gratis ini kami bagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB. Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, kami menyiapkan kurang lebih 85.206 box makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang," katanya.

Beberapa menu yang disiapkan dalam program ini bervariatif, mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dengan jaminanan PT KAI mulai dari kebersihan dan kesehatannya.

"Kami ingin menyemarakkan Ramadhan tahun ini, dan program ini dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api," tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya program ini penumpang tidak perlu repot menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahurnya telah disediakan oleh PT KAI.

"Kami ingin benar-benar menjadi berkah bagi semua, dan pelaksanaan angkutan lebaran kali ini dapat menjadi perjalanan Mudik Super Sukses," kata Gatut, berharap.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018