Jakarta (ANTARA News) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap menggelar acara buka puasa bersama warga Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, yang juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Mudah-mudahan silaturahim ini membawa keberkahan luas. Mudah-mudahan akan terus dilakukan," kata Presiden ACT Ahyudin.

Acara buka puasa yang merupakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan MRI ini digelar di lapangan yang terletak di RW 11, dihadiri oleh warga setempat. Untuk keperluan buka puasa ini, ACT menyiapkan seribu paket makanan untuk warga melalui foodtruck mereka. 

Menurut Manajer Kemanusiaan Foodtruck ACT Ahmad Rifai, jumlah paket makanan yang dibagikan ke warga hari ini mencapai 2.000 berkat dukungan dari berbagai pihak karena acara buka puasa ini digelar bersamaan dengan agenda gubernur.

"Kapasitas foodtruck ACT sendiri 1.000 paket makanan," kata Rifai saat ditemui di lokasi.

Foodtruck merupakan salah satu program reguler kemanusiaan ACT agar lembaga tersebut dapat lebih leluasa bergerak saat membuka dapur sosial bagi warga yang membutuhkan, terutama jika terdapat bencana. Selama bulan Ramadan ini, Foodtruck ACT setiap hari berkeliling Jakarta dan Bandung untuk memberikan pangan pada warga.

"Kami biasanya ke lokasibyang kumuh, dekat pasar atau terminal," kata Rifai.

Dengan 10 orang dalam tim Foodtruck, ACT  bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya sambil membawa peralatan masak, sementara bahan makanan mereka beli dari tempat yang terdekat dengan lokasi.

Foodtruck di Cengkareng ini merupakan acara yang ke-21 selama Ramadan ini dan tim ACT akan terus berkeliling ke lokasi lainnya. Akhir Ramadan, ACT berencana untuk berpindah ke jalur mudik.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018