Banjarmasin (ANTARA News) - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan terus memantau stabilitas harga kebutuhan pokok di pasaran mulai toko ritel modern hingga pasar tradisional.

"Laporan Satgas Pangan terakhir ke saya, harga-harga masih relatif stabil alias tidak ada kenaikan yang mencolok pada pertengahan Ramadhan," kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana di Banjarmasin, Rabu.

Dikatakannya, jika ada kenaikan harga pada barang-barang tertentu, hanya lantaran faktor permintaan yang meningkat. Namun itupun dinilai masih wajar.

Berdasarkan hasil video conference (vicon) dengan Kementerian Perdagangan, tambah Kapolda, pelaku usaha sudah diingatkan untuk tidak menaikkan harga selama Ramadhan hingga Lebaran nanti.

"Apabila ditemukan ada penimbunan atau praktik kartel di Kalsel, pasti saya tindak tegas dan itu tugas Satgas Pangan Polda mengungkapnya," kata Rachmat.

Di sisi lain, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga untuk mendapatkan harga murah berbagai barang kebutuhan pokok, Polda Kalsel menggelar Bazar Ramadhan di halaman Mapolda Kalsel pada Rabu pagi.

Puluhan stan yang menjual aneka barang mulai sembako hingga kebutuhan rumah tangga diserbu pengunjung baik anggota Kepolisian sendiri, ibu-ibu Bhayangkari, hingga masyarakat umum.

"Alhamdulilah dengan penjualan lebih murah dari pasaran ini bisa membantu anggota dan masyarakat memenuhi kebutuhan rumah tangga di bulan puasa," kata Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Hj Ati Rachmat Mulyana yang membuka secara resmi gelaran Bazar Ramadhan.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018