Bandarlampung (ANTARA News) - Presiden FIFA Gianni Infantino menghadiri pembukaan International Broadcast Center (IBC) di Moskow dalam upacara resmi yang juga dihadiri beberapa pejabat tinggi lokal.

Dalam surat elektronik yang diterima Antara dari Media Channel FIFA untuk Piala Dunia Rusia 2018, Minggu, disebutkan selama tur IBC oleh para ahli produksi siaran TV FIFA, para delegasi juga mampir ke ruang Video Assistant Refereeing (VAR), yang akan menjadi pusat dari semua operasi VAR selama Piala Dunia FIFA tahun ini.

Baca juga: Presiden FIFA Infantino nyatakan Rusia siap gelar Piala Dunia

Mereka menerima demonstrasi dari ahli Wasit FIFA Roberto Rosetti dan Massimo Busacca, bekerja bersama spesialis Inovasi Teknologi Sepakbola FIFA Johannes Holzm?ller dan Sebastian Runge. Presiden Infantino kemudian menyambut hadirin media cetak dan disiarkan internasional dan membuka IBC Piala Dunia FIFA 2018.

"IBC adalah `tempat resmi` ke-13 Piala Dunia FIFA, di samping 12 stadion, tetapi dalam hal penonton, itu sebenarnya yang pertama. Seluruh dunia akan dapat memperoleh manfaat dari Piala Dunia FIFA yang indah dan fantastis ini berkat apa yang terjadi di sini di IBC ini. Untuk Piala Dunia FIFA terbaik, kami memiliki IBC terbaik juga," kata Infantino.

Baca juga: FIFA terapkan sistem anti-diskriminasi

Presiden FIFA bergabung di acara tersebut bersama Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin, Wakil Walikota Moskow Alexander Gorbenko, Presiden Grup Crocus Aras Agalarov, Ketua LOC Rusia Arkady Dvorkovich dan CEO LOC Andrey Sorokin.

IBC adalah tempat untuk semua 64 pertandingan akan diproses, dipantau dan dipancarkan ke TV, radio dan perangkat digital di 219 wilayah di seluruh dunia. Konten tambahan juga akan diproduksi di sini, dari acara sorotan harian dan pembaruan tim, hingga fitur cerita dan promo. Ini juga merupakan markas untuk semua Lisensi Hak Media (MRL), penyiar nasional dan regional yang telah membeli hak untuk menunjukkan pertandingan Piala Dunia FIFA. Selain produksi dan ruang kantor yang digunakan oleh 78 MRL di IBC, ada juga 13 studio presentasi di luar di Lapangan Merah Moskow yang ikonik dan indah.

Baca juga: FIFA alokasikan lebih 2,4 juta tiket

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018