Magetan (ANTARA News) - Sebagian kawasan Gunung Lawu terbakar, sehingga seluruh jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu termasuk jalur pendakian Cemoro Sewu di Plaosan, Magetan, Jawa Timur ditutup.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra di Magetan, Rabu, menuturkan petugas BPBD, Perum Perhutani, dan polisi sudah menutup jalur pendakian sejak Selasa (19/6) malam.

"Sejak tadi malam petugas sudah melakukan penutupan sementara jalur pendakian Cemoro Sewu," jelas Fery.

Menurut keterangan yang diperoleh Fery dari petugas yang berjaga di basecamp pendakian, kebakaran terjadi di lereng Gunung Lawu yang berada di wilayah Jawa Tengah.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, kebakaran terjadi di kawasan Argo Tiling, petak 63 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nglerak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta," kata Fery menjelaskan.

Menurut keterangan petugas, bau asap kebakaran hutan tercium dari pos satu dan pos dua jalur pendakian Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

"Sejumlah relawan sudah bergerak naik guna melakukan penyisiran pendaki Gunung Lawu. Karena titik api berada di dekat jalur pendakian Candi Cetho,' ujarnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani dan Siswowidodo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018