Solo (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap memberangkatkan ribuan orang dengan bus gratis tujuan Jakarta, dari Terminal Bus Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (22/6).

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, di Solo, Kamis, mengatakan, totalnya sebanyak 3.105 orang yang ikut program mudik gratis Kemenhub dengan sebanyak 69 armada bus yang akan diberangkatkan melalui Terminal Tirtonadi Nusukan Banjarsari Solo.

"Program mudik gratis ini, sepada motornya sudah terlebih dahulu diangkut dengan menggunakan belasan truk, sejak Rabu (20/6) hingga Kamis ini, juga dengn gratis," kata Joko Sutriyanto.

Pihaknya berharap pengangkutan sepeda motor pemudik gratis sudah dapat diselesaikan seluruh hingga Jumat (22/6), sehingga tidak ada lagi yang tersisa di Solo.

Joko Sutriyanto mengatakan untuk pemberangkatan pemudik gratis rencana acara keberangkatannya akan dilepas langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo.

Oleh karena itu, pihaknya telah mempersiapkan armadanya sehingga program mudik gartis bisa berjalan lancar dan selamat sampai tujuan. Armada bus akan parkir di dekat bengkel di sisi timur terminal, sehingga penumpang dapat berjalan dan tidak terjadi penumpukan.?

"69 armada bus yang digunakan pemudik gratis antara lain dari PO Blue Star sebanyak 35 armada dan 1.750 penumpang," katanya.

Selain itu, kata dia, armada juga One Bus sebanyak lima unit dan menampung 295 penumpang, Senja Furnindo sebanyak lima unit dengan mengangkut sebanyak 250 penumpang, bus Emenel sebanyak empat unit dengan 200 penumpang, Putra Utama tiga unit dengan 150 penumpang, Kailindra dua unit dan menampung 100 penumpang, William sebanyak 15 unit dan menampung 860 penumpang,.

"Dari 69 armada bus itu, siap menampung seluruhnya 3.650 penumpang. Jumlah bus itu, digunakan pemudik untuk masa angkutan arus balik Lebaran 2018 dalam kondisi laik jalan," katanya.

Pihaknya sudah melakukan mengecekan dan kondisinya lain jalan, sedangkan prediksi puncak arus balik di Terminal Tirtonadi Solo akan terjadi pada Jumat (22/6).

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018