Kuta, Bali (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen (Pol) Petrus Reinhard Golose secara resmi melepas kurang lebih 6.000 pelari dalam ajang Bhayangkara Bali Run dan Festival Band 2018, yang berlangsung di Kuta, Kabupaten Badung, Sabtu pagi.

Sebayak 6.000 orang pelari yang diikuti 22 negara, termasuk atlet Indonesia dan masyarakat Pulau Dewata itu, juga turut dibuka Maria Selena Nurcahya (Puteri Indonesia 2011) yang didaulat menjadi "brand ambassador" dalam acara tersebut.

"Tujuan acara ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-72 dan yang paling penting acara ini untuk menggelorakan semangat masyarakat hidup sehat kepada masyarakat Indonesia," ujar jenderal bintang dua ini.

Ada kategori lomba lari yang diikuti peserta yakni jarang tempuh lima kilometer, sepuluh kilometer dan 21 kilometer yang diikuti dari berbagai negara diantaranya Kenya, Etiopia, Amerika, Inggris, Jepang, Belanda, Jerman, Austria, Selandia Baru, Meksiko, Rusia, India, Prancis, Peru, Australia, Malaysia dan tidak ketinggalan juga atlet Indonesia dan segenap masyarakat Pulau Dewata.

"Dari peserta luar negeri yang mendaftar juga sangat antusias mengikuti acara ini dan juga mengajak peserta asal luar negeri agar mengetahui bahwa Bali adalah pulau yang toleransi dan panoramanya indah," katanya.

Dengan adanya kegiatan acara ini juga menumbuhkan minat masyarakat bahwa olahraga lari merupakan olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. "Jadi saya ucapkan kepada peserta selamat mengikuti acara ini dan jangan sampai ada hal yang tidak kita inginkan dan jaga keselematan masing-masing saat melakukan lari sehat ini," ujarnya.

Pihaknya meyakini, acara ini cukup meriah dan sesudah perlombaan ini berlangsung akan diumumkan para pemenangnya dengan hadiah total Rp700 juta. "Saya berharap peserta senang dan enjoy mengikuti acara ini yang digelar di Bali yang merupakan pulau yang toleransi antar umat beragama. Hari ini juga ada perlombaan band lokal dari Pulau Bali," katanya.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengkampanyekan kepada masyarakat untuk mendukung Pilkada damai 2018 yang berlangsung di Pulau Dewata.

Sementara itu, Maria Selena Nurcahya (Puteri Indonesia 2011) mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolda Bali karena telah didaulat menjadi "brand ambassador" dalam acara Bhayangkara Bali Run dan Festival Band 2018.

"Saya berharap kegiatan ini akan semakin banyak wisatawan datang ke Bali dan saya yakin pariwisata di Pulau Dewata akan semakin tumbuh dan berkembang," ujarnya.

Maria yang juga hobi berolahraga basket dan lari ini juga mengapresiasi atas kinerja jajaran Polda Bali yang berhasil memberantas aksi premanisme dan narkoba di Pulau Dewata berdasarkan hasil survei Universitas Indonesia dan Unud yang semakin membaik.

"Ayo posting sebanyak-banyaknya tentang acara ini dan sebarkan energi positif kepada seluruh masyarakat Indonesia dan saya apresiasi Polda Bali juga menangani kejahatan internasional seperti cyber crime atau kejahatan dunia maya atau daring (dalam jaringan).

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018