Karawang (ANTARA News) - Partisipasi pemilih warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Warung Bambu Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Jabar 2018 mencapai 75 persen.

"Tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi," kata Pelaksana Tugas Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang Noveri Budisantoso, di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, di Lapas Karawang terdapat dua tempat pemungutan suara (TPS) khusus, dengan total daftar pemilih mencapai 778 orang warga binaan.

Dari 778 pemilih di Lapas tersebut, mereka yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya sebanyak 583 orang. Jadi, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Karawang ini mencapai 75 persen.

Di dua TPS yang berada di Lapas tersebut, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Golkar dan Demokrat) menang telak dengan raihan 278 suara.

Kemudian pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung Gerindra, PKS dan PAN serta pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (PPP, PKB, NasDem, dan Hanura) masing-masing meraih 101 suara.

Satu pasangan lainnya, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan yang diusung PDIP meraih 92 suara. Sedangkan suara yang dinyatakan tidak sah 11 suara.

Ia mengatakan, sebelum pencoblosan pihak KPU Karawang melakukan sosialisasi kepada warga binaan. Itu dilakukan agar para pemilih di Lapas tersebut mendapat pemahaman mengenai calon-calonnya.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018