Medan (ANTARA News) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kritikan dan masukan dari mahasiswa, sekaligus menantang mahasiswa untuk memaparkan konsep pembangunan di bidang perhubungan.

Hal itu disampaikan Menhub saat Dialog Nasional ke-14 dengan tema "Indonesia Maju" di Medan Internasional Convention Center, Medan, Kamis.

Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, ujar Menhub, infrastruktur dan sistem transportasi yang dibangun harus dapat digunakan dan memiliki manfaat besar bagi masyarakat.

Untuk mendapatkan kesesuaian hasil pembangunan dengan harapan masyarakat, pihaknya selalu mempertimbangkan aspirasi masyarakat sesuai konsep "bottom up" atau dari masyarakat ke pemerintah.

Karena itu, pihaknya meminta mahasiswa di Kota Medan agar memberikan masukan dan kritikan, sekaligus konsep pembangunan di bidang perhubungan.

Dipandu moderator komedian, Deddy "Miing" Gumelar yang juga mantan anggota DPR RI itu dihadirkan lima mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi.

Berbagai kritikan dan masukan disampaikan lima mahasiswa tersebut mengenai pembangunan infrastruktur, khususnya di Sumatera Utara.

Namun tidak sedikit yang memberikan apresiasi atas pembangunan yang dijalankan, disertai harapan agar adanya perbaikan di kemudian hari.

Kritikan dan masukan dari mahasiswa tersebut mendapatkan apresiasi dan penilaian dari Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan Koordinator Kopertis Sumut,-Aceh Prof Dian Armanto.

Seluruh mahasiswa yang memberikan kritikan dan masukan tersebut mendapatkan hadiah laptop untuk mendukung kelancaran perkuliahan.

Sedangkan, kritikan dan masukan yang dianggap terbaik, Menhub memberikan hadiah berupa helm.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018