Garut (ANTARA News) - Polisi mengamankan satu granat jenis nanas yang tergeletak di pinggir Jalan Cimanuk, kawasan kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu, yang sebelumnya ditemukan seorang warga saat hendak membersihkan sampah.

Kepala Kepolisian Resor Garut, AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, granat yang kondisinya sudah berkarat itu berhasil diamankan untuk diperiksa lebih lanjut.

"Dievakuasi, Gegana yang mengamankan," kata Budi di lokasi penemuan granat.

Ia menuturkan, hasil olah tempat kejadian perkara, granat aktif tersebut sudah berkarat yang diduga peninggalan waktu zaman perang di Indonesia.

Dugaan sementara, kata Budi, granat tersebut sebelumnya ditemukan oleh seseorang di suatu tempat, karena takut akhirnya sengaja di buang ke pinggir jalan.

"Ditemukan granat nanas pabrikan, kalau kita lihat dari wujudnya sudah berkarat, mungkin ada masyarakat yang menemukan, karena takut lalu di simpan di pinggir jalan," ujarnya, menduga.

Menurut dia, granat jenis nanas tersebut sudah tidak ada pabrikannya lagi, upaya penanganannya perlu dilakukan oleh tim khusus Gegana dari Brimob.

"Granat ini sudah gak ada pabrikan, kondisinya juga sudah terkubur di tanah sekian lama," ucapnya.

Ia menambahkan, Indonesia khususnya daerah Garut berdasarkan sejarah pernah terjadi peperangan, sehingga masih ada benda-benda peninggalan perang yang tertanam di suatu tempat.

Ia mengimbau masyarakat yang menemukan benda berbahaya seperti granat untuk segera melaporkannya kepada polisi agar segera ditindaklanjuti.

"Kepada masyarakat kalau menemukan benda seperti ini secepatnya lapor," katanya.


Baca juga: Ada granat di kawasan Kota Garut

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018