Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Dr. Hilton Fisher memperingati Hari Internasional Nelson Mandela di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 milik Dinas Sosial DKI Jakarta, Rabu (18/7) dengan menanam pohon dan melakukan kerja sosial.

Dubes Afsel bersama perwakilan PBB, serta pegawai dan anak-anak asuh bergotong-royong membersihkan lapangan, memasak makanan di dapur, dan menanam cabai rawit, melon, serta kangkung, demikian disampaikan Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Ucu Rahayu, di Jakarta, Kamis.

Selain itu, mereka juga bersama-sama menanam pohon tin dan bidara yang merupakan pohon surga sebagai simbol dari kehidupan dan perjuangan Nelson Mandela yang harus dirawat dan terus berlanjut.

"Pohon adalah kehidupan, kami bisa saja pergi tapi pohon ini akan terus tumbuh sebagai simbol perjuangan," ujar Dubes Afrika Selatan Dr. Hilton Fisher saat memberikan sambutan.

Dalam kegiatan peringatan tersebut, anak-anak asuhan panti juga diberikan semangat meneladani Mandela, pejuang dari Afrika Selatan.

Sementara itu, Ucu Rahayu menyampaikan bahwa mereka antusias dengan kunjungan Dubes Afrika Selatan.

Menurut dia, lewat kegiatan ini pula, anak-anak asuh mendapat kesempatan belajar tentang nilai-nilai yang dipegang oleh Mandel, yang pantang menyerah memperjuangkan keadilan.

"Untuk memperingati perjuangannya, setiap hari Kelahiran Nelson Mandela, rakyat Afrika Selatan termasuk yang ada di Indonesia mengisinya dengan kerja sosial di lingkungan sekitar, untuk memperlihatkan bahwa mereka memiliki karakter Nelson Mandela dalam diri mereka," demikian kata Ucu.
 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018