Jakarta (ANTARA News) - Namanya mencuat setelah film pendek "Sepatu Baru" (2014), tugas akhirnya di Institut Kesenian Makassar, mendapat pujian di berbagai festival film dunia termasuk Festival Film bergengsi Berlinale (Berlin International Film Festival) 2014. 

Di sana, Adit, begitu ia biasa dipanggil, meraih penghargaan Special Mention untuk film "Sepatu Baru" di kategori Generation Kplus. 

Ia juga meraih predikat Sutradara Film Pendek Asia Tenggara Terbaik di Festival Film Internasional Singapura 2014. 

Kini Aditya Ahmad kembali mencatat prestasi, film pendek bertajuk "Kado (A Gift)" yang diproduseri Mira Lesmana dan Riri Riza, masuk kompetisi film pendek Orizzonti, The 75th Venice International Film Festival 2018, festival fim bergengsi dan tertua di dunia.

Pemuda kelahiran Makassar tahun 1989 ini mengakui peran produser Mira Lesmana dan Riri Riza dalam mewujudkan film Kado, bahkan sejak sebelum ide ceritanya lahir.

"Tahun 2016 saya sempat merasakan jenuh sekali dalam hidup. Mira Lesmana dan Riri Riza lalu mengingatkan, justru masa-masa penuh keresahan seperti ini lah waktu terbaik untuk membuat film," katanya dalam keterangan pers dari Miles Films yang diterima ANTARA News, Kamis.

Inspirasi menghampiri Aditya Ahmad ketika kembali bertemu Isfi, teman lama sekaligus pemeran utama Sepatu Baru. Adit merasa Isfi, yang kini sudah remaja, juga sedang ada dalam keresahan. 

"Saya bisa merasakan betul keresahan Isfi yang selalu merasa beda, atau dibedakan di lingkungannya. Saya ingin bercerita tentang pergulatan remaja seperti Isfi dalam menemukan identitasnya."

Kado, berdurasi 15 menit, bercerita tentang Isfi yang bersemangat menyambut ulang tahun Nita. Untuk dapat menyiapkan kado istimewa di kamar Nita, Isfi harus mengenakan rok panjang dan hijab. 

Baik Mira Lesmana maupun Riri Riza mengakui potensi Aditya Ahmad, “Bakatnya besar dan naluri berceritanya tinggi. Kami ingin memberi ruang lebih lebar untuknya mengembangkan potensinya di dunia film.” ujar Produser Mira Lesmana. 

"Ide cerita dan persoalan yang ditawarkan Kado sangat relevan, universal sekaligus sangat lokal. Aditya Ahmad berhasil dalam bercerita, menjadi karya yang kompleks namun tetap menyentuh," tambah Riri Riza.

Aditya Ahmad dijadwalkan berangkat ke Venesia, Italia, pada awal September 2018 untuk menghadiri penayangan perdana (World Premiere) "Kado" di the 75th Venice International Film Festival.

Baca juga: Kolaborasi Mira Lesmana-Riri Riza di tengah kelangkaan film anak

Baca juga: Alasan Mira Lesmana pilih Ernest Prakasa garap "Milly & Mamet"


Baca juga: "Sepatu Baru" masuk festival film internasional Berlin

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018