Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah topik pemberitaan menjadi yang terpopuler di Antara News pada Jumat (27/7) antara lain KPK hadiahi sepeda bagi pengungkap penyerangan Novel Baswedan hingga Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

KPK hadiahi sepeda bagi pengungkap penyerangan Novel Baswedan

Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadiahkan sepeda bagi orang yang berhasil mengungkapkan penyiram air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

"Sepeda ini akan terus ada di depan lobi KPK sampai pelaku penyiraman bang Novel ditemukan," kata Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap di gedung KPK Jakarta, Jumat.

Yudi menyampaikan hal itu saat acara penyambutan kedatangan Novel Baswedan yang kembali bekerja hari ini setelah mengalami penyiraman air keras oleh dua orang pengendara motor pada 11 April 2017 seusai salat subuh di Masjid Al-Ihsan dekat rumahnya. Hingga saat ini pelaku penyerangan tersebut belum ditangkap.

KPK amankan Bupati Lampung Selatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan tujuh orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung Setalan, Kamis (26/7) malam hingga Jumat dini hari.

Salah satu yang diamankan adalah Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan.

"Betul tim KPK ada yang ditugaskan di daerah Lampung Selatan dalam beberapa hari ini. Kamis tadi malam sampai dini hari diamankan tujuh orang dari unsur Kepala Daerah/Bupati, anggota DPRD, swasta, dan pihak lain yang terkait," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Jumat.

Agus menyatakan bahwa lembaganya melakukan kroscek terhadap informasi yang dilaporkan oleh masyarakat tentang adanya dugaan transaksi.

Tiga kekhawatiran pengusaha truk soal penggunaan Biodiesel 20

Pemerintah berencana menerapkan penggunaan campuran minyak sawit dalam solar sebesar 20 persen (Biodiesel 20/B20) kepada seluruh kendaraan bermesin diesel pada akhir tahun 2018.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua Bidang Industri dan Logistik Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman mengatakan, pelaku industri transportasi membutuhkan sosialisasi yang berkesinambungan karena biosolar yang digunakan saat ini masih B5 dan B10.

Selain itu, penggunaan B20 juga menimbulkan tiga kecemasan utama bagi pengusaha antara lain waktu servis yang lebih cepat, biaya operasional membengkak karena konsumsi biosolar yang diklaim lebih boros dan potensi kerusakan mesin.

Tanda nomor kendaraan bermotor akan berubah warna

Tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) akan berubah warna dan akan terbaca CCTV yang terhubung dengan pusat manajemen lalu lintas Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) yang berbasis teknologi informasi (TI).

"Nanti itu pelat nomornya seperti aplikasi face recognition. Sekarang pelat nomornya ketika misalnya kena CCTV dan lain-lain, itu akan langsung terdeteksi bahwa ini siapa, pelat nomor, angkanya," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis.

Adanya perubahan spesifikasi teknis TNKB yang direncanakan mulai 2019 dan dilakukan bertahap itu bertujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

DFB akui kesalahan terkait Ozil

Ketua Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) Reinhard Grindel pada Kamis mengatakan bahwa dirinya semestinya menjelaskan rasisme tidak dapat diterima setelah gelandang Mesut Ozil mengundurkan diri dari tim nasional, dengan menyatakan terdapat "rasisme dan tidak dihormati" karena darah keturunan Turki-nya.

Ozil dan Ilkay Gundogan, rekannya di timnas Jerman berfoto dengan Erdogan, kemudian dicemooh penggemar Jerman saat pertandingan-pertandingan pemanasan sebelum Piala Dunia di Rusia.

Grindel menolak tuduhan-tuduhan Ozil bahwa DFB bersikap rasis. Namun Grindel menyesali foto-foto itu telah disalah artikan untuk menjustifikasi "kata-kata rasis."

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018