Kemarin, Presiden blusukan jalur trotoar hingga KPU bakal panggil Parpol

id Presiden jokowi,trotoar,imunisasi,KPK,KPU,Jamaah haji,mekkah,parpol,capres,cawapres

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) meninjau fasilitas publik di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (2/8/2018). Presiden memastikan kesiapanan infrastruktur, fasilitas publik dan kebersihan menjelang perhelatan Asian Games XVIII. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden blusukan tinjau jalur trotoar, Menkes ingatkan fatwa MUI bolehkan imunisasi, KPK mulai bahas Perpres Stranas Pencegahan Korupsi, KPU berencana panggil parpol persiapan pendaftaran capres-cawapres, hingga 116 WNI ilegal dipulangkan bertahap dari Mekkah, menjadi lima berita kemarin yang layak baca.

1. Presiden blusukan tinjau jalur trotoar
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo blusukan meninjau fasilitas trotoar yang ada di Jakarta menyambut Asian Games 2018.

Sejumlah pejabat yang turut dalam tinjauan dadakan pada Kamis tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Area awal yang ditinjau Presiden yakni trotoar di Jalan Sudirman, kawasan Karet tepatnya di depan Hotel Le Meridien, Jakarta.

Berita lengkapnya di sini.

Simak pula: Presiden buka GIIAS 2018

Baca juga: Presiden dan Menperin naik AMMDES di GIIAS

2. Menkes: fatwa MUI bolehkan imunisasi
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengingatkan bahwa sudah ada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi yang menyebut imunisasi diperbolehkan.

"Saya kira tidak ya, MUI tidak menolak. Karena sudah ada fatwa MUI tentang imunisasi nomor 4 tahun 2016," kata Menkes dalam keterangan pers seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes di Jakarta, Kamis.

Baca beritanya di sini.

3. KPK mulai bahas Perpres Stranas Pencegahan Korupsi
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai membahas Peraturan Presiden (Perpres) No 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional (Stranas) Pencegahan Korupsi yang ditandatangani pada 20 Juli 2018 lalu.

"Jadi, kemarin KPK mulai membahas Perpres strategi pencegahan korupsi yang baru saja ditandatangani oleh Presiden, Perpres No 54 tahun 2018 tersebut melalui "kick of meeting" bersama. Jadi, ada KPK di sana dan ada beberapa perwakilan instansi yang terkait," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Kamis.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. KPU berencana panggil parpol persiapan pendaftaran capres-cawapres
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana memanggil partai politik untuk persiapan teknis pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden yang akan dibuka pada 4-10 Agustus 2018.

"Kami akan mengundang pimpinan parpol lagi untuk memberikan penjelasan lebih lanjut," ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari di Jakarta, Kamis.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Laporan dari Mekkah - 116 WNI ilegal dipulangkan bertahap
Mekkah (ANTARA News) - Sebanyak 116 warga negara Indonesia yang mencoba berhaji lewat jalur ilegal akan dipulangkan secara bertahap ke Tanah Air, kata Konsul Jenderal RI Jeddah, Arab Saudi, Mohamad Hery Saripudin.

"Beberapa sedang menunggu penerbangan, 32 sudah dideportasi, 72 akan dipulangkan besok, lainnya berangsur hingga Sabtu besok supaya sudah selesai semua," kata Hery di ruang Media Center Haji di Mekkah, Kamis.

Selengkapnya di sini.

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar