Medan (ANTARA News) - Siswa asal Papua Barat yang mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara yang digelar BUMN di Sumatera Utara diedukasi mengenai bisnis daring (online) sebagai salah satu upaya agar para siswa nantinya tertarik menggeluti bisnis dunia maya tersebut.

Deputi Branch Manager Bank Tabungan Negara (BTN) Medan, Nindyanta Bambang di Medan, Kamis, mengatakan pihaknya sengaja dikenalkan bisnis daring tersebut, mengingat pemerintah memang sangat mendorong agar generasi muda mendalami bidang usaha.

Kepada para siswa ia menyampaikan bahwa untuk menjadi pengusaha harus memahami berbagai hal terutama bisnis daring, seperti memahami pangsa pasar, dan pengemasan produk yang inovatif sehingga menarik pelanggan untuk membelinya.

"Kalau ingin menjadi pengusaha, modal bukan yang utama, tapi harus tahu pasarnya dulu. Bagimana caranya bisa menarik orang lain agar membeli produk kita," katanya.

Inti dari pengenalan bisnis daring ini adalah bagaimana para siswa nanti lebih tertarik untuk menjalani bisnis daring, karena banyak produk yang bisa dijual melalui internet.

"Semoga apa yang kami sampaikan hari ini bisa dikembangkan para siswa sekembalinya nanti di Papua.

Sementara staf BTN Pusat Isabella Zahra mengatakan, untuk para UKM mitra binaan BUMN, pemerintah mengupayakan agar produk UKM bisa dipasarkan secara global dengan cara mengintegrasikan digitalisasi bisnis UKM mitra binaan BUMN ke dalam platform e-commerce Blanja.com dan Pasar Produk BUMN.

Di Rumah Kreatif BUMN ini para pelaku UKM dapat dibimbing dan didampingi untuk menjawab tantangan utama pengembangan usaha kecil menengah dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan.?

Sebanyak 30 siswa Mengenal Nusantara dari Papua Barat selama sepekan melakukan kunjungan ke berbagai lokasi di Medan untuk mengenal budaya di daerah tersebut.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Tahun ini, PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi koordinator kegiatan SMN di Provinsi Sumatera Utara bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia, PT Pos Indonesia, PT Nindya Karya (Persero), PT Kawasan Industri Medan, dan PT Djakarta Lloyd.

Baca juga: TNI gembleng peserta SMN semangat bela negara
Baca juga: 26 pelajar Aceh ikut program Siswa Mengenal Nusantara

Pewarta: Juraidi
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018