Ottawa (ANTARA News) - Petenis muda Yunani Stefanos Tsitsipas menaklukkan raksasa tenis lain pada Sabtu, menyelamatkan match point ketika ia mengatasi perlawanan petenis Afrika Selatan (Afsel) Kevin Anderson dengan skor 6-7(4), 6-4, 7-6(7) pada pertandingan yang menegangkan untuk mencapai final Piala Rogers.

Tsitsipas melepaskan raketnya dan berteriak di depan para penonton setelah petenis peringkat enam dunia Anderson melakukan pukulan backhand yang terlalu panjang pada match point. Ini merupakan kemenangan beruntun keempat bagi petenis peringkat 27 dunia itu atas lawan yang menduduki posisi sepuluh besar di turnamen.

Tsitsipas mengalahkan Dominic Thiem, Novak Djokovic, dan Alexander Zverev pada tiga putaran sebelumnya, sebelum kemudian menaklukkan runner up Wimbledon itu pada hari yang cerah di Toronto.

Tsitsipas akan bermain untuk pertama kalinya di final ATP Masters pada ulang tahun ke-20nya pada Minggu melawan Rafael Nadal atau Karen Khachanov, yang akan memainkan pertandingan semifinal mereka pada Sabtu malam.

"Ini tidak pernah bertambah mudah. (Penampilan) Anda hanya menjadi lebih baik," tulis Tsitsipas kepada kamera setelah pertandingan.

Unggulan keempat Anderson tidak mampu mematahkan empat serve Tsitsipas pada keempat peluangnya dan satu-satunya kesempatan match pointnya buyar ketika Tsitsipas melepaskan pukulan backhand menyilang lapangan pada tiebreak set ketiga.

Tsitsipas, yang berposisi di belakang baseline ketika menerima serve-serve Anderson, mampu memaksimalkan satu-satunya service break di pertandingan ini pada gim ketiga set kedua dengan pukulan smash.

Dengan kemenangan ini, Tsitsipas diproyeksikan akan naik setidaknya ke peringkat 15 ketika peringkat baru dirilis pada Senin.

(Reuters/H-RF/T013)

Pewarta: antara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018