Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal MPR, Ma'ruf Cahyono, mengatakan, rangkaian peringatan hari ulang tahun MPR akan menghadirkan ceramah agama dengan pembicara Ustad Abdul Somad.

"Yang disampaikan dalam ceramah agama masih terkait dengan Empat Pilar MPR dan ketatanegaraan," kata dia, kepada pers, tentang persiapan Sidang Tahunan MPR, di Jakarta, Selasa (14/8).

Dalam pertemuan ahli media berkaitan dengan persiapan Sidang Tahunan MPR, di Jakarta, Selasa (14/8/2018). Kepala Biro Humas MPR, Siti Fauziah, dan Kasubag Pemberitaan MPR, Budi Muliawan, turut dalam aktivitas itu.

Lebih lanjut Ma'ruf menjelaskan masih pada 29 Agustus, MPR memperingati HUT MPR. Kegiatan memperingati HUT MPR antara lain jalan sehat Empat Pilar, ceramah agama atau pengajian menghadirkan Ustad Abdul Somad (UAS).

Dia menjelaskan, Sidang Tahunan MPR ini merupakan mandat dari Tata Tertib MPR yang sudah menjadi konvensi ketatanegaraan dan sudah disepakati bersama. Dengan Sidang Tahunan ini MPR memfasilitasi penyampaian laporan kinerja lembaga negara yang disampaikan oleh presiden.

Dalam bulan Agustus ini MPR akan melaksanakan serangkaian agenda penting kenegaraan. Diawali rapat paripurna MPR dalam rangka Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 2018. Dalam sidang ini Presiden Joko Widodo menyampaikan laporan kinerja lembaga negara.

"Sidang Tahunan MPR masih dalam satu rangkaian sidang bersama DPR-DPD, dan sidang DPR penyampaian nota keuangan RAPBN 2019. Sidang Tahunan MPR dilaksanakan pagi hari dilanjutkan sidang bersama DPR-DPD, dan sidang penyampaian nota keuangan," kata dia.

Kegiatan MPR selanjutnya pada 17 Agustus, dilaksanakan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia yang diikuti tiga lembaga Parlemen (MPR, DPR, DPD) dengan inspektur upacara Pimpinan DPR.  

Kemudian pada 18 Agustus MPR akan memperingati Hari Konstitusi. "Hari Konsitusi ini merupakan momentum untuk merefleksi perjalanan konstitusi termasuk pelaksanaannya. Termasuk direlasikan dengan isu-isu kekinian seperti Pemilu," katanya. Peringatan Hari Konstitusi dihadiri wakil presiden dan peringatan ini dilanjutkan dengan sarasehan konstitusi.

Menjelang  29 Agustus, MPR menyelenggarakan Pekan Konstitusi. Kegiatan Pekan Konstitusi dalam rangka Hari Konstitusi ini antara lain Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR yang diikuti sekolah pemenang dari setiap provinsi, Final debat konstitusi tingkat nasional, 

Pewarta: Jaka Sugianta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018