Kalau terpilih lagi, kita ketemu di Senayan. Jangan sedih begitu dong."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap dapat kembali eksis menjadi Anggota Legislatif di parlemen pada periode berikutnya, setelah tidak menjadi menteri. 

"Saya sekarang masih terdaftar jadi caleg di Kepri. Mudah-mudahan terpilih lagi," kata Asman saat konferensi pers pengunduran dirinya dari jabatan menteri, di Kantor Kementerian PANRB di Jakarta, Selasa malam. 

Menteri Asman juga menyatakan harapannya bisa kembali bertemu awak media di DPR RI pada periode berikutnya. 

"Kalau terpilih lagi, kita ketemu di Senayan. Jangan sedih begitu dong," kata Asman kepada wartawan. 

Sebelumnya, Asman Abnur menyatakan telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai menteri kepada Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa malam. 

Asman mengaku menyampaikan niatnya untuk mengurangi beban Presiden. Karena, kata dia, PAN tidak mendukung Presiden Jokowi pada Pilpres 2019, maka Asman merasa kehadirannya di Kabinet Kerja tidak baik secara etika. 

"Alhamdulillah pak Presiden memahami perasaan saya. Maka saya mohon untuk diijinkan mengundurkan diri. Alhamdulillah pak Presiden dengan sedih, maksud saya, beliau menyampaikan kinerja saya cukup memberikan nilai positif buat beliau, namun kalau memang itu yang terbaik beliau tidak bisa menolak untuk mundur, " kata Asman. 

Asman mengungkapkan sebelum memutuskan untuk mundur, dirinya sempat berbincang dengan Mensesneg Pratikno, Selasa pagi.

Pada kesempatan itu, Mensesneg mengungkapkan kepada Asman bahwa posisi Asman saat ini menjadi tidak mengenakkan baik bagi Kemenpan maupun suasana yang dirasakan langsung oleh Presiden. 

"Sehingga saya tidak ingin Pak Presiden merasa terbebani dengan tuntutan parpol koalisi yang lain," kata Asman. 

Mengenai penggantinya, Asman mengatakan hal itu merupakan hak prerogratif Presiden. 

Saat ditanya mengapa Asman tidak memilih mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasional agar tetap bisa tenang menunaikan tugas sebagai menteri, ia enggan menjawab. 

"Kalau itu saya jawab nanti saja khusus," seloroh Asman.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018