Jakarta (ANTARA News) - Pasukan berkuda mulai diturunkan untuk menunjang keamanan areal Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta yang menjadi pusat pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September.

Pantauan di lapangan, pasukan berkuda dari Polri ini untuk saat ini ditempatkan di Pintu 1 GBK atau berada di Jalan Asia Afrika. Bahkan, pasukan yang berjumlah sepuluh orang ini siap dengan peralatan lengkap penunjang keamanan.

"Fokus kami saat ini adalah pengamanan VIP. Terutama di Pintu 1 merupakan pintu utama yang akan digunakan untuk presiden dan tamu penting lainnya," kata Kasubit Cakal Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri Kombes Achmad Dyanaputra di sela memantau kesiapan pasukan.

Menurut dia, Pintu VIP memang berbeda dengan pintu masuk yang lain. Selain pasukan berkuda, demi meningkatkan keamanan juga ditempatkan pos keamanan yang juga didukung dengan alat scan yang ditempatkan di pintu masuk.

Pasukan berkuda ini merupakan pasukan keamanan yang selama ini sudah ada baik dari TNI maupun Polri. Saat ini mereka ditempatkan dititik-titik yang disiapkan. Tidak hanya dipintu masuk areal GBK, namun juga dilokasi pertandingan yang sebentar lagi digunakan.

Sementara itu untuk lalu lintas kendaraan di areal GBK mulai berbeda dengan hari-hari sebelummya. Pihak petugas mulai selektif dalam memberikan ijin bagi kendaraan yang beroperasi mengingat pembukaan kejuaraan empat tahunan ini semakin dekat.

Kendaraan yang tidak menggunakan tanda khusus dipastikan tidak masuk areal GBK. Pihak panitia dalam hal ini INASGOC telah menyiapkan beberapa titik parkir mulai dari kawasan SCBD hingga beberapa pusat perbelanjaan yang tidak jauh dari pusat pelaksanaan Asian Games 2018.

Aktifitas di areal GBK juga terus meningkat 14 lokasi yang bertandingan yang ada juga sudah disiapkan dengan naik. Bahkan ada satu pertandingan yang telah digelar di areal GBK yaitu bola basket.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018