Mobil swakemudi bisa kirim pesanan barang

id mobil otonom,mobil,barang,pesanan,nuro

NAVYA Arma kendaraan swakemudi buatan perusahaan Prancis. (http://navya.tech/)

Jakarta (ANTARA News) - Jaringan supermarket terbesar Kroger dan perusahaan mobil swakemudi Nuro meluncurkan layanan pengiriman barang di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat (AS).

Itu merupakan pasar pertama bagi kedua perusahaan yang mengumumkan kemitraan pertama pada Juni lalu.

Langkah pertama, hanya satu toko yang dilibatkan dalam eksperimen ini yakni Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road. Pembeli bisa membuat pesanan via situs atau applikasi mobile Fry.

Pesanan kemudian bisa diatur jadwal pengirimannya pada hari yang sama atau hari berikutnya. Biaya pengirimannya sendiri sebesar 5,95 dolar Amerika (sekitar Rp86.872) per pesanan dan tidak ada jumlah minimun pemesanan.

Awalnya, pengiriman barang belanjaan itu akan dikirim via armada Nuro atau mobil otonom berjenis Toyota Prius dan Nissan Leaf, serta masing-masing mobil ditempatkan pengemudi di balik kemudinya.

Namun pada akhir musim gugur tahun ini, perusahaan tersebut berencana untuk menggantinya dengan mobil pengiriman swakemudi jenis R1 yang diproduksi serta dimodifikasi secara mandiri, dan saat ini masih menjalani ujin coba di kantor pusat Nuro yang berlokasi di California.

Arizona menjadi pusat untuk melakukan pengujian mobil swakemudi, sehingga pemilihan wilayah Scottsdale tidak mengagetkan.

"Kami menyambut inovasi teknologi yang dapat menguntungkan kehidupan warga Scottsdale. Kami merasa kemitraan ini memiliki potensi dan peluang luar biasa, serta menawarkan warga kami kenyamanan riil dan belum pernah dialami sebelumnya untuk rutinitas sehari-hari," ujar Walikota Jim Lane dalam pernyataan yang dirilis pihak Nuro.

Mereka masih mengkaji apakah konsumen Fry's Food Store merasakan keuntungan dari pengiriman menggunakan mobil swakemudi. Tidak seperti pengiriman barang dengan cara biasa, pelanggan perlu berjalan ke trotoar untuk mengambil barang pesanan sebagai konsekuensi dari pengiriman menggunakan mobil otonom, demikian theverge.

Baca juga: Uber hentikan pengembangan truk swakemudi

Baca juga: Mantan karyawan Apple curi rahasia dagang mobil swakemudi

Baca juga: Waymo jajaki peluang mengembangkan layanan Robo Taxi di Eropa


 

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar