Tradisi lomba Kemerdekaan Jalan Jaksa sepi ekspatriat

id Tradisi lomba Kemerdekaan Jalan Jaksa sepi ekspatriat

Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno (ketiga kanan) meramaikan tradisi perlombaan Hari Kemerdekaan RI di Jalan Jaksa Jakarta Pusat, Jumat (17/8) yang sepi keterlibatan ekspatriat. (Devi)

Jakarta (ANTARA News) - Tradisi lomba 17 Agustus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Jaksa Kebon Sirih Jakarta Pusat, kini sepi partisipasi dari kalangan ekspatriat.

Pantauan Antara pada Jumat, acara lomba-lomba untuk memperingati kemerdekaan yang setiap tahunnya digelar di Jalan Jaksa dan biasanya diramaikan oleh wisatawan mancanegara kini tak tampak partisipasi dari warga asing. Sesekali, nampak segelintir wisatawan tersebut lalu-lalang, namun hanya melihat barang sebentar dan meninggalkan acara.

Baca juga: Anies ikut lomba 17-an di Jalan Jaksa

Namun, acara yang digelar Memories Cafe dan Komunitas Pemuda Jalan Jaksa tersebut tetap meriah dengan partisipasi dari berbagai kalangan masyarakat di Kelurahan Kebon Sirih.

Mengusung tema "Salam Merah Putih", acara tersebut memperlombakan permainan tradisional seperti balap karung, tusuk balon, makan krupuk, bakiak dan lain sebagainya.

Baca juga: Ramaikan lomba 17-an Jalan Jaksa, Anies menang tarik tambang

"Acara ini terbuka bagi siapa saja yang mau ikut, semua warga Indonesia dan internasional bisa langsung ikutan. Daftarnya seperti biasa spontanitas saja," ujar ketua panitia perlombaan kemerdekaan tersebut, Jangki.

Semakin sore, acara semakin meriah dengan kedatangan bakal Calon Wakil Presiden pasangan Prabowo Subianto, Sandiaga Uno. Setelah mengisi acara dengan bernyanyi bersama warga diiringi band musik reggae Steven Jam, Sandiaga mengikuti lomba balap karung yang akhirnya diikuti oleh seorang turis asing wanita.

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar