Dubes ajak WNI wujudkan cita-cita pendiri bangsa

id Teuku Faizasyah,kemerdekaan ri, hut ri ke-73, perayaan dkemerdekaan di kanada

Teuku Faizasyah (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)

London (ANTARA News)- Terpisah puluhan ribu kilometer dari Tanah Air tidak menyurutkan semangat lebih dari 150 WNI dan Diaspora Indonesia yang tinggal menetap di Ottawa dan Montreal menghadiri upacara peringatan HUT Ke-73 RI di KBRI Ottawa sebagai bukti kecintaan dan jati diri sebagai Bangsa Indonesia masih kuat meski berada di tanah rantau.

Alternate Representative KBRI Ottawa, Andy Aron kepada Antara London, Sabtu mengatakan sesuai tema HUT Ke-73 RI "Kerja Kita Prestasi Bangsa", Dubes RI untuk Kanada Teuku Faizasyah mengajak WNI di Kanada menjadikan RI semakin baik melalui profesinya masing-masing dan bahu-membahu mewujudkan Indonesia berkeadilan sesuai cita-cita para pendiri bangsa.

"Sebagai anak bangsa di perantauan, mari kita selalu optimistis, saling berbagi, berani membuat terobosan dan sigap mengejar prestasi, seraya senantiasa menjaga semangat kegotongroyongan," ujar Teuku Faizasyah.

Dalam kesempatan itu Teuku Faizasyah menyampaikan informasi dan data mengenai perkembangan pembangunan ekonomi nasional merujuk pada pidato kenegaraan Presiden RI di Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tanggal 16 Agustus lalu.

Menurut Dubes, Pemerintah setidaknya telah melakukan terobosan pembangunan yang terfokus di empat aspek, yakni keadilan ekonomi, pembangunan infrastruktur, jaminan kemudahan berusaha dan peningkatan kualitas hidup manusia.

Di penghujung rangkaian upacara HUT RI, Dubes Teuku Faizasyah melakukan pemotongan tumpeng dan penganugerahan pegawai terbaik setempat.

Potongan Tumpeng HUT Ke-73 RI diberikan kepada Dino Fikrie, Gita Nurlaila dan Dialin Putri Dahlan, tiga tokoh masyarakat dan komunitas Indonesia di Ottawa dan Montreal.

Adapun Pegawai Setempat Terbaik dianugerahkan kepada Sidik Ratmono atas dedikasi dan sumbangsih kerja nyata yang patut diteladani oleh seluruh pegawai KBRI Ottawa.

Upacara bendera merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan HUT Ke-73 RI yang diadakan KBRI Ottawa. Sebelumnya diadakan "Fun Day" yang dihadiri lebih dari 300 WNI dan Diaspora Indonesia dari Ottawa dan Montreal.

Beragam perlombaan diadakan dalam acara Fun Day mulai dari lomba susun puzzle, bawa bola pingpong pakai sendok dan memasukkan pensil ke dalam botol untuk anak-anak, hingga joget balon, susun piramid dari gelas plastik dan kuis tebak favorit untuk remaja dan dewasa.

Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar