Taliban culik tiga bus penumpang di provinsi Kunduz, Afghanistan utara

id Afghanistan,Taliban,Sandera

Pemrotes menyerukan yel-yel saat beraksi di Maimana, ibukota provinsi Faryab, Afghanistan, Minggu (8/7/2018). ANTARA (REUTERS/Stringe)

Kunduz, Afghanistan, (ANTARAN)ews - Gerilyawan Taliban menculik tiga bus penumpang beserta lebih dari 150 penumpang di Kabupaten Khan Abad, Provinsi Kunduz, di Afghanistan Utara pada Senin, kata Gubernur Wilayah itu Hayatullah Amiri.

"Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 04.00 waktu setempat dan petempur Taliban secara paksa membawa bus itu ke desa yang mereka kuasai," kata Amiri kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin siang.

Baca juga: Taliban janji bebaskan empat sandera Turki

Ia mengatakan pasukan keamanan telah melancarkan operasi untuk menjamin pembebasan secara aman penumpang bus yang diculik.

Wakil Kepala Polisi Kunduz Safiullah Mahzon juga telah mengkonfirmasi penculikan bus penumpang tersebut, dan mengatakan berbagai upaya telah dilancarkan untuk membebaskan semua penumpang yang disandera.

Penculikan itu terjadi cuma sehari setelah Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani mengumumkan gencatan senjata bersyarat selama tiga bulan mulai Senin dan menyeru Taliban agar mengikuti tindakan tersebut.

Milisi Taliban belum menanggapi tawaran gencatan senjata pemerintah itu.

Juru Bicara Gubernur Kunduz Esmatullah Muradi mengataka, "Bus tersebut dihentikan oleh petempur Taliban, dan para penumpang dipaksa turun lalu mereka telah dibawa ke tempat yang tidak diketahui."

Baca juga: Taliban Bebaskan 30 Sisa Sandera Afghanistan
Baca juga: Taliban Bunuh Tujuh Sandera di Afghanistan

 

Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar