450 prajurit TNI diberangkatkan ke Papua

id pasukan penjaga perbatasan ri-papua nugini

450 prajurit TNI diberangkatkan ke Papua

Arsip Sejumlah prajurit TNI AD dari Yonif 405/Surya Kusuma/Brigif 4 Dewaratna Banyumas meneriakan yel-yel kesatuannya, pada upacara pemberangkatan pasukan yang dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jateng, Jumat (8/10/2010). Sebanyak 650 parjurit dari Yonif 405/Surya Kusuma/Brigif 4 Dewaratna Banyumas yang diberangkatkan dengan menumpang KRI Teluk Amboina itu akan bertugas selama satu tahun di perbatasan RI-Papau Nugini. (ANTARA/R. REKOTOMO)

Bandarlampung (ANTARA News) - Sebanyak 450 prajurit Batalion Infanteri (Yonif) 143/Tri Wira Eka Jaya (TWEJ), Natar, Lampung Selatan segera diberangkatkan dalam operasi Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia (Pamtas RI) di Papua.

Wakil Asisten Operasi Mabes TNI Marsekal Pertama M Khairul Lubis, saat meninjau kesiapan prajurit yang akan diberangkatkan, di Yonif 143/TEWJ, Lampung Selatan, Selasa, mengatakan bahwa berdasarkan paparan yang disampaikan Komandan Batalion Infanteri 143/TWEJ, dari kesiapan maupun pelatihan yang telah dicek bahwa prajurit telah siap diberangkatkan untuk ditugaskan ke perbatasan RI, Papua-Nugini.

"Tinggal hal-hal kecil saja, seperti kelengkapan untuk komunikasi yang diperbaiki sambil berjalan," ujarnya.

Menurutnya, sebanyak 450 prajurit yang siap diberangkatkan pada 26 Agustus mendatang melalui laut menggunakan kapal.

"Setelah itu akan disandarkan di Marauke, kemudian menggunakan jalur darat untuk sampai ke pos masing-masing. Di lokasi ada 16 pos dengan satu regu sebanyak 32 orang," katanya pula.

Pewarta : Agus Wira Sukarta dan Ardiansyah
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar