Jakarta (ANTARA News) - Kepala Satuan Lalu Lintas Polestro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Polisi Juang Andi Priyanto mengatakan 1.893 personel gabungan akan mengamankan jalur "Marathon Race Walking" Asian Games 2018 yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu (25-26 Agustus).

"Total ada 1.893 personel gabungan yang terdiri dari Mabes, Polres dan Polda yang akan bertugas untuk mengamankan lalu lintas selama marathon Asian Games," ujar AKBP Juang di Jakarta, Jumat malam.

Ia menjelaskan Satlantas Polrestro Jakarta Pusat dan jajarannya mengamankan termasuk pengaturan dan penjagaan pada rute yang akan dilalui peserta marathon, pengamanan di objek kegiatan, serta rekayasa lalu lintas.

Pengamanan lalu lintas dilakukan sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin-Gajah Mada-Hayam Wuruk dan sekitar wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

AKBP Juang melanjutkan pengamanan khususnya dilakukan di daerah Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dan Gambir.

Wilayah Gambir meliputi "Traffic Light" (TL) Bina Graha, Pertigaan Majapahit, belakang Museum Nasional, Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) Monas, TL Budi Kemuliaan, Pertigaan Jalan Pembangunan II, Putaran Dunkin Donuts, Jalan Batuceper, Jalan Alayidrus dan Pertigaan Duta Merlin.

Selain itu, petugas juga mengantisipasi berbagai ancaman, seperti kemacetan arus lalu lintas rute yang dilalui peserta marathon, kekacauan peserta atau penonton baik di rute maupun di sekitar Monas, unjuk rasa yang mengganggu kegiatan marathon dan kemacetan akibat rekayasa arus lalu lintas.

Baca juga: INASGOC sosialisasikan Asian Games di Jakarta Marathon

Polisi melakukan rencana evakuasi medis, yaitu di beberapa rumah sakit rujukan seperti Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, RS Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, RSUD Budi Kemuliaan, RS Jakarta, RS Siloam Semanggi, Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo dan RS Tebet.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta mengalihkan atau rekayasa lalu lintas sehubungan dengan adanya kegiatan Marathon Asian Games 2018.

Baca juga: Dishub rekayasa lalu lintas saat tanding Marathon

Dengan adanya pengalihan arus lalu lintas, para pengguna jalan diimbau untuk menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu - rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan dijalan.

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018