Ternate (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 di Ternate, Maluku Utara, sebagai momentum pendorong pembangunan lintas sektor di Indonesia menyusul kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games ke-18.

"Kami ingin masyarakat selalu tergerak dan mendukung pembangunan semua lini kehidupan melalui pembudayaan olahraga baik anak-anak muda ataupun lanjut usia," kata Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dalam sambutan Pameran Peringatan Haronas 2018 di Ternate, Jumat.

Isnanta mengatakan keberhasilan Indonesia menggelar Asian Games 2018 serta peringkat kontingen Merah-Putih pada posisi empat Asia menjadi momentum regenerasi atlet-atlet nasional menghadapi kejuaraan-kejuaraan internasional serta semakin mempromosikan kegiatan olahraga demi pembangunan karakter bangsa.

"Pada tataran masyarakat umum, Kami juga telah memecahkan rekor dunia senam poco-poco agar mendorong masyarakat tetap menyukai olahraga selain program Kementerian seperti Gala Desa ataupun Gowes Nusantara," katanya.

Isnanta mengatakan peringatan Hari Olahraga Nasional ke-35 di wilayah timur Indonesia itu sekaligus menumbuhkan semangat berolahraga di luar pulau Jawa dan menyelaraskan kebijakan Presiden Joko Widodo terkait revolusi mental.

"Peringatan Hari Olahraga Nasional pada tahun ini berlangsung di antara dua kegiatan olahraga besar di Indonesia yaitu Asian Games dan Asian Para Games 2018," katanya.

Selain sukses prestasi dengan meraih peringkat empat Asia, Isnanta mengatakan penyelenggaraan Asian Para Games pada 6-13 Oktober menjadi momentum solidaritas masyarakat terhadap para penyandang disabilitas.

"Melalui Haornas dan jelang Asian Para Games, mari kita menjadi bangsa yang ramah bagi para difabel dan menyediakan akses khusus bagi mereka di tempat-tempat umum," kata Isnanta.

Peringatan Hari Olahraga Nasional 2018 di Ternate pada 7-9 September juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Pameran Nasional Peringatan Haornas, Gala Desa, Sepeda Nusantara, dan Pawai Obor Asian Para Games 2018.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018