Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyuruh Apple Inc membuat produknya di Amerika Serikat jika ingin terhindar dari tarif impor China.

Trump mencuit "Harga Apple mungkin naik karena Tarif besar-besaran yang bisa kami kenakan ke China, tapi, ada solusi mudah yang akan membuat NOL pajak, juga insentif pajak. Buat produk kalian di Amerika Serikat, bukan China. Mulai buat pabrik sekarang".

Apple menolak berkomentar, seperti diberitakan Reuters.

Apple melalui surat menyampaikan pada pejabat di perdagangan tarif yang diusulkan akan berdampak pada "banyak" produk Apple, termasuk jam tangan pintar Watch. Tapi, Apple tidak menyebutkan iPhone.

Trump pada Jumat (7/9) lalu menyatakan pemerintah merencakan tarif tambahan 267 miliar dolar untuk barang-barang dari China.

Sektor teknologi diperkirakan akan mnejadi yang paling terdampak dari kebijakan tarif, salah satunya harga akan menjadi lebih mahal. 

"Beban tarif yang diusulkan akan lebih banyak terasa untuk Amerika Serikat daripada China," akta Apple dalam surat tersebut..

Selain Watch, produk lainnya yang diperkirakan akan jadi lebih mahal adalah Airpods, headphone Beats dan pengeras suara pintar HomePod.

Baca juga: Dolar melemah, investor nanti perundingan dagang AS-Tiongkok

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018