Cirebon punya bus pustaka keliling

id bus pustaka keliling,perpustakaan keliling

Ilustrasi - Anggota TNI menata buku pada mobil perpustakaan keliling di markas Batalyon Infanteri 521 Kediri, Jawa Timur, Rabu (1/8/2018). (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Cirebon, (ANTARA News) - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat saat ini mempunyai bus pustaka keliling yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi buku untuk mendukung layanan bacaan kepada masyarakat.

"Bus perpustakaan ini baru dioperasikan pada Selasa (11/9) dan masih di dalam kawasan Perpustakaan 400," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon M. Korneli di Cirebon, Kamis.

Saat ini, kata dia, bus perpustakaan belum dioperasikan secara keliling, karena masih dalam pembenahan dan penambahan fasilitas, seperti pendingin ruangan.

"Belum lengkap fasilitasnya, pendingin ruangan juga belum ada, makanya belum dioperasikan secara reguler," ujarnya.

Ia menjelaskan pengadaan bus perpustakaan itu melalui program tanggung jawab sosial perusahaan Damri dengan status pinjam pakai. Penyerahan bus tersebut pada Selasa (11/9).

Dia mengatakan bus perpustakaan itu berwujud bus kotak klasik yang dimodifikasi oleh Damri.

"Jadi bisa membaca buku sambil bernostalgia di bus Damri kotak klasik," tuturnya.

Rencananya, kata Korneli, bus itu akan beroperasi keliling ke setiap kecamatan di Kota Cirebon saat semua sudah siap, sedangkan saat ini masih diparkir di halaman Perpustakaan 400.

Dari luar, tampilan bus perpustakaan keliling itu tampak seperti bus pada umumnya. Namun yang membedakan ada tulisan "Bus Perpustakaan" dan "Ayo Membaca" di bagian depannya.

Di sisi kiri dan kanan bus juga terdapat tulisan "Bus Perpustakaan". Saat masuk bus, pengunjung harus melepas alas kakinya.

"Kita sediakan ratusan judul buku di dalam bus dan di sana pengunjung juga bisa membaca sambil bersender ke bantal yang telah disediakan," katanya.*

 

Baca juga: Perpustakaan Nasional sumbang mobil keliling untuk Manado

Baca juga: Indramayu layani masyarakat terpencil dengan perpustakaan keliling


 

Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar