Yogyakarta, (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy meminta para siswa siswi yang turut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk berjuang dan berusaha maksimal dalam meraih prestasi.

"Siapa yang bekerja keras, yang bersungguh-sungguh, maka dialah yang akan berhasil. Selamat berjuang, selamat bertanding, saya menunggu prestasi kalian," kata Menteri Muhadjir di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Senin.

Menurutnya siswa yang meraih prestasi terbaik dalam O2SN memiliki peluang untuk masuk ke pelatnas.

"Berikan prestasi anda yang terbaik dalam O2SN ini karena bukan tidak mungkin apa yang anda capai dalam O2SN dicatat oleh tim pencari bakat untuk nanti disiapkan dalam event olah raga tingkat nasional maupun internasional di masa mendatang," katanya.

Kendati demikian, ia menggarisbawahi agar para siswa meraih prestasi dengan semangat bertanding yang sportif dan jujur.

"Untuk menjadi nomor satu dalam O2SN memang sangat penting, tapi pencapaian secara jujur, sportif, usaha keras dan percaya diri jauh lebih penting daripada pencapaian nomor satu," katanya.

Ia pun membesarkan hati para siswa peserta O2SN bahwa mereka sudah menjadi pemenang karena telah berhasil melewati sejumlah tahapan seleksi di kabupaten/kota dan provinsi.

"Di mata saya, kamu semua yang hadir di sini, dari kontingen dan daerah manapun, sesungguhnya kamu semua nomor satu," katanya.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan olimpiade olah raga yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara rutin tiap tahun.

O2SN 2018 ini merupakan O2SN ke 11 sejak O2SN digelar pada tahun 2008.

Para peserta O2SN merupakan para siswa SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan SLB dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang telah terpilih berdasarkan seleksi berjenjang kabupaten/kota dan provinsi.

Jumlah peserta O2SN 2018 ada 1.938 siswa. Ribuan siswa ini akan memperebutkan 448 medali yang terdiri atas 138 medali emas, 138 medali perak dan 172 medali perunggu pada ajang olah raga yang diadakan pada 16-22 September 2018 ini.

Ada sembilan cabang olah raga yang dipertandingkan dalam O2SN 2018 yakni atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, karate, senam, catur, bocce dan balap kursi roda.

Sejumlah pertandingan pada O2SN 2018 akan diselenggarakan di beberapa gelanggang olah raga di D.I. Yogyakarta.
 

Baca juga: Mendikbud resmikan pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2018

 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018