... ini secara pribadi...
Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 22 kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat menyatakan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, pada Pemilu 2019. Jawa Barat dengan jumlah penduduk termasuk tiga besar secara nasional merupakan wilayah penting untuk mendapatkan suara.

"Dukungan ini secara pribadi, bukan secara kelembagaan dari bupati/wali kota atau wakil bupati/wakil wali kota," kata Dedi Mulyadi, Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, di Bandung, Jumat.

Dia mengatakan, hanya ada lima kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat yang tidak mendukung pasangan Jokowi-KH Ma`ruf Amin, yakni kepala daerah Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kota Bandung, dan Kota Depok.

Ia juga akan terus berkomunikasi dengan kepala daerah yang diusung partai oposisi, di antaranya dengan Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana agar menjatuhkan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf.

"Saat Bu Cellica mencalonkan diri sebagai bupati Karawang saya mendukungnya secara personal dan menang. Wajar jika saat ini saya ajak dia secara personal," kata dia.

Menurut dia, saat ini mereka sedang fokus konsolidasi internal kelembagaan untuk pemenangan pasangan Jokowi-Ma`ruf.

"Hari ini selesai dari aspek administrasi kita berkirim surat ke KPU Jawa Barat terkait susunan tim kampanye, seperti bendahara tim kampanye yang dijabat Pak Waras. Jadi, regulasi mulai berjalan hari ini," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan fokus menggerakkan aspek sosial kultural atau pendekatan kerakyatan berbasis kebudayaan yakni dengan merekrut sejumlah tokoh masyarakat, seniman, budaya di Jawa Barat untuk mendukung Jokowi-Ma`ruf di Pilpres 2019.

Susunan Tim Kampanye Daerah pasangan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat juga menempatkan tokoh dan figur publik terkemuka.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018