Jakata (ANTARA News) - Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin melakukan rapat persiapan kegiatan kampanye damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Minggu (23/9).

"TKN hari ini melakukan rapat dengan beberapa agenda, antara lain evaluasi akhir persiapan kegiatan kampanye damai, hari Minggu besok," kata Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Verry Surya Hendrawan, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Verry Surya, rapat TKN pada hari ini  oleh Ketua TKN Erick Thohir dan dihadiri para wakil ketua TKN, sekretaris dan para wakil sekretaris TKN. Melalui rapat ini, kata dia, mengkoordinasikan dengan semua partai politik pendukung capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Ada sembilan partai politik pendukung capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf yakni, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKB, PPP, Partai Hanura, PKPI, Partai Perindo, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
 
Sebelumnya, KPU telah mengumumkan akan menyelenggarakan kampanye damai yang akan diikuti seluruh partai politik peserta pemilu 2019, di Jakarta, Minggu (23/9), menandai dimulainya masa kampanye.

Kampanye damai dilakukan dalam bentuk karnaval dan prosesi kegiatan kampanye damai di Lapangan Monas Jakarta. Kegiatan kampanye dimulai dengan karnaval berjalan kaki, start dari Lapangan Monas di pintu barat (dekat Istana) kemudian keluar ke Jalan Medan Merdeka Barat dan masuk kembali ke Lapangan Monas melalui pintu barat daya (dekat gedung Indosat).

Setelah karnacal dilanjutkan dengan prosesi acara acara kampanye damai, meliputi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, orasi demokrasi dari Ketua KPU Arief Budiman. Kemudian, pembacaan ikrar kampanye damai oleh caleg DPD RI, ketua parpol tingkat provinsi, ketua umum parpol, serta pasangan capres-cawapres.

Kemudian foto bersama, di mana seluruh peserta kampanye damai saling bergandengan tangan yang menandai simbol kampanye secara damai.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018